PAPARAN ROKOK, STATUS GIZI, BEBAN KERJA DAN INFEKSI ORGAN REPRODUKSI PADA WANITA DENGAN MASALAH FERTILITAS (STUDI PADA PASIEN KLINIK FERTILITAS RSI SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2018)

HALIMAH, ANIS NUR (2018) PAPARAN ROKOK, STATUS GIZI, BEBAN KERJA DAN INFEKSI ORGAN REPRODUKSI PADA WANITA DENGAN MASALAH FERTILITAS (STUDI PADA PASIEN KLINIK FERTILITAS RSI SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2018). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Infertilitas merupakan ketidakmampuan pasangan suami istri dalam mencapai kehamilan klinis setelah melakukan hubungan seksual 2-3 kali seminggu dalam kurun waktu 12 bulan atau lebih tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Penyebab infertilitas yang berasal dari faktor wanita sekitar 65%, sedangkan penyebab dari faktor pria sekitar 20%, kondisi lain dan yang tidak diketahui sekitar 15%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paparan rokok, status gizi, beban kerja dan infeksi organ reproduksi dengan kejadian infertilitas pada wanita di klinik fertilitas RSI Sultan Agung Semarang tahun 2018. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research menggunakan desain case control study dengan pendekatan retrospektif study. Populasi penelitian ini yaitu wanita pus yang berkunjung ke klinik fertilitas RSI Sultan Agung Semarang. Jumlah sampel kasus 15 wanita infertil dan jumlah kontrol 30 wanita fertil. Sampel kasus dipilih dengan total populasi, sampel kontrol dipilih dengan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase wanita pasien klinik fertilitas RSI Sultan Agung lebih banyak yang terpapar asap rokok (53,3%), memiliki status gizi normal (42,2%), memiliki beban kerja underload (48,9%), dan tidak memiliki infeksi organ reproduksi (62,2%) Kata Kunci: Infertilitas, Paparan Rokok, Status Gizi, Beban Kerja, Infeksi Organ Reproduksi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65308
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:28 Sep 2018 13:56
Last Modified:28 Sep 2018 13:56

Repository Staff Only: item control page