ANALISIS PEMANFAATAN PROGRAM DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN PEMERIKSAAN IVA OLEH PESERTA JKN-KIS (Studi di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang)

NISAA, NUR AN (2018) ANALISIS PEMANFAATAN PROGRAM DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN PEMERIKSAAN IVA OLEH PESERTA JKN-KIS (Studi di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Program deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan IVA merupakan bagian dari program nasional dalam upaya pengedalian penyakit tidak menular yang telah didukung oleh BPJS Kesehatan. Tolok ukur keberhasilan program ini ada pada pemanfaatannya. Pemanfaatan pemeriksaan IVA di Kota Semarang masih sangat rendah, yaitu hanya 1,7% pada tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan pemanfaatan pemeriksaan IVA oleh peserta JKN-KIS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Lokasi penelitian di Kecamatan Banyumanik dengan jumlah responden 100 orang wanita usia subur, peserta aktif JKN-KIS yang telah menikah. Analisis data menggunakan uji korelasi chi square atau fisher exact test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan pemanfaatan pemeriksaan IVA oleh peserta JKN-KIS di Kecamatan Banyumanik adalah pengetahuan (p = 0,000), sikap (p = 0,000), dukungan sosial (p = 0,000), persepsi kerentanan (p = 0,002), persepsi manfaat (p = 0,006), dan persepsi hambatan (p = 0,003). Hal ini karena rendahnya paparan infromasi kesehatan pada wanita usia subur, sehingga menimbulkan persepsi yang kurang tepat terhadap risiko kanker serviks, dan upaya deteksi dini dengan pemeriksaan IVA. Diharapkan Dinas Kesehatan Kota Semarang dapat meningkatkan kesadaran diri wanita usia subur terhadap risiko kanker serviks, dan BPJS Kesehatan untuk membangun sistem terintegrasi antar puskesmas agar manfaat pelayanan pemeriksaan IVA secara gratis dapat dirasakan oleh seluruh wanita usia subur peserta aktif JKN-KIS Kata Kunci: deteksi dini kanker serviks, IVA, JKN-KIS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65219
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:27 Sep 2018 14:28
Last Modified:27 Sep 2018 14:28

Repository Staff Only: item control page