FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN VIA SMS GATEWAY DI RSUD TUGUREJO SEMARANG

HANIFAH, LINA (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN VIA SMS GATEWAY DI RSUD TUGUREJO SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Perkembangan layanan di rumah sakit diikuti dengan adanya tuntutan masyarakat untuk mendapatkan layanan yang bermutu, termasuk penggunaan tekonolgi. RSUD Tugurejo Semarang telah menerapkan layanan pendaftaran pasien rawat jalan via SMS gateway sejak 2015. Namun, jumlah keluhan terhadap layanan tersebut dari tahun 2015 hingga 2017 masuk dalam daftar keluhan tertinggi di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi pengguna terhadap kualitas layanan. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan studi cross-sectional. Kuesioner diberikan pada 100 responden yang minimal telah menggunakan layanan sebanyak 2 kali. Data penelitian diolah dengan metode univariat dan bivariat dengan uji statistik uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berumur dewasa muda (78%), tingkat pendidikan menengah (65%), bekerja (69%), tingkat pendapatan rendah (66%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengguna terhadap kualitas layanan kurang baik (64%). Hasil analisis hubungan menunjukkan ada hubungan tingkat pendidikan (p = 0,011), motif (p = 0,001), pengalaman (p = 0,044), dan harapan (p = 0,000) dengan persepsi pengguna terhadap kualitas layanan pendaftaran pasien rawat jalan via SMS gateway. Disarankan bagi rumah sakit untuk memisahkan antrian layanan manual dan SMS gateway, memberikan informasi kepada pengguna layanan pendaftaran pasien rawat jalan via SMS gateway apabila sistem sedang error, dan menyediakan sarana untuk pengaduan yang responsif khusus pengguna layanan pendaftaran pasien rawat jalan via SMS gateway Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Layanan Elektronik, SMS Gateway

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65218
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Sep 2018 14:20
Last Modified:27 Sep 2018 14:20

Repository Staff Only: item control page