ANALISIS MANAJEMEN PUSKESMAS DALAM PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MANGKANG DAN PUSKESMAS HALMAHERA)

ARDHI, KHAIRIL (2018) ANALISIS MANAJEMEN PUSKESMAS DALAM PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MANGKANG DAN PUSKESMAS HALMAHERA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Data RisetKesehatanDasar (Riskesdas) tahun 2007 dan 2013 menunjukkanadanyapermasalahandalamupayakesehatandasar yang mengakibatkanpeningkatanprevalensibeberapapenyakit (underweight, stuntingdanhipertensi). Pemerintahmelakukanpenguatanupayakesehatandasarmelalui Program Indonesia SehatdenganPendekatanKeluarga (PISPK). Penelitianini yang bertujuanuntukmendeskripsikanmanajemenpuskesmasdalam PISPK di duapuskesmaslokasifokustahun 2016 di Kota Semarang ddengancakupanpendataan 100%. Penelitianadalahpenelitiandeskriptifkualitatifdenganteknikwawancaramendalam, observasidantelaahdokumen. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa di seluruhpuskesmastidaktersediarencanausulankegiatanintervensi. Tim PISPK tidakbekerjasamadenganbaikkarenakendalabebankerjapetugas, lemahnyapemahamanterhadapintervensisehinggamekanismeperencanaantidakberjalandanlemahnyaketerlibatanpimpinandanpengawasanberpengaruhterhadapimplementasi PISPK. Perencanaan yang telahdibuatmasihterfokuspadarencanapembiayaan. Pendataandananalisa data terkendaladenganaplikasi yang belum optimal. Sosialisasi PISPK telahdilaksanakandandukunganlintassektordalampelaksanaan PISPK cukupbaik. Dapatdisimpulkanbahwahasilpendataankeluargabelumdigunakansebagaibahanpenyusunanperencanaanuntukpelaksanaanintervensisehinggabelumterjadipenguatanperencanaanpadatingkatmanajemenpuskesmas. Komitmenpimpinan, kerjasamatimsertaketerlibatanlintassektorsangatpentinguntukpeningkatankinerja PISPK Kata Kunci: PISPK Manajemen, Puskesmas,Perencanaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65199
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Sep 2018 11:55
Last Modified:27 Sep 2018 11:55

Repository Staff Only: item control page