EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM VERIFIKASI DI KANTOR (VEDIKA) BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM WILLIAM BOOTH SEMARANG

ALVIANITASARI, ELSA FEBRIE (2018) EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM VERIFIKASI DI KANTOR (VEDIKA) BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM WILLIAM BOOTH SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Percepatan verifikasi klaim menjadi hal yang penting untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Sehingga solusi yang diambil oleh BPJS Kesehatan adalah dengan mengubah sistem verifikasi klaim manual menjadi verifikasi klaim elektronik untuk memudahkan fasilitas kesehatan, namun dibutuhkan masa peralihan yaitu sistem vedika (verifikasi di kantor) BPJS Kesehatan.10 dari 24 rumah sakit di Semarang telah melaksanakan sistem vedika per Desember 2017, dan RSU William Booth Semarang adalah rumah sakit pertama yang dipilih BPJS Kesehatan untuk melaksanakan sistem vedika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi RSU William Booth Semarang dalam menghadapi sistem vedika BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan informan utama bagian casemix dan informan triangulasi admin bagian casemix serta kepala bidang PMR BPJS Kesehatan. Variabel penelitian ini adalah sumber daya manusia, prosedur, sarana dan prasarana, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, keluaran. Hasil penelitian adalah pelaksanaan sistem vedika di RSU William Booth Semarang belum efektif karena masih terjadi pengembalian berkas klaim dan keterlambatan pembayaran klaim. Hal tersebut dikarenakan tulisan dokter yang kurang jelas, keterbatasanjumlah petugas, tidak ada monitoring dan evaluasi pelaksanaan sistem vedika. Tulisan dokter kurang jelas dapat mengakibatkan kesalahan pengkodingan dan klaim pending. Keterbatasan SDM dengan kasus yang bertambah setiap bulan mengakibatkan pengajuan klaim terlambat sehingga pembayaran klaim terlambat. Tidak adanya monitoring dan evaluasi mengakibatkan kesalahan yang sama dapat terulang kembali. Kemudian klaim dikatakan berhasil jika klaim dibayar, tepat waktu dan 100%. Disarankan untuk melakukan pelatihan peningkatan kemampuan petugas dan penambahan petugas bagian casemix RSU William Booth Semarang Kata Kunci: Evaluasi, BPJS Kesehatan, sistem vedika

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65192
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Sep 2018 11:15
Last Modified:27 Sep 2018 11:15

Repository Staff Only: item control page