Jumlah Bakteri Asam Laktat dan Coliform dalam Usus Halus dan Sekum Ayam Broiler yang Diberi Pakan dengan Menggunakan Onggok Fermentasi (Acremonium charticola)

MILLAH, Faidatul and PUTRA, Fatan Dwi and Yudiarti, Turrini and Sugiharto, Sugiharto (2016) Jumlah Bakteri Asam Laktat dan Coliform dalam Usus Halus dan Sekum Ayam Broiler yang Diberi Pakan dengan Menggunakan Onggok Fermentasi (Acremonium charticola). In: SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI PETERNAKAN UNS, UNS SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF
377Kb

Abstract

Tujuuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah bakteri asam laktat dan Coliform dalam usus halus dan sekum ayam broiler. Materi yang digunakan adalah 160 ekor day old chick (DOC) broiler jantan dengan bobot awal rata-rata 41,30 ± 2,68 g. Broiler mendapat perlakuan antibiotik dan onggok fermentasi dengan kapang Acremonium charticola selama 5 minggu yang dicampur dengan ransum yang memiliki kandungan PK 22% dan EM 2800 kkal/kg. Rancangan penelitian yang duguanakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 ulangan, adapun perlakuan yang diterapkan yaitu T0 (kontrol), T1 (kontrol + antibiotik), T2 (kontrol + antibiotik + onggok fermentasi) dan T3 (kontrol + onggok fermentasi). Pengambilan parameter dilakukan secara acak yaitu 1 ekor ayam dari masing-masing petak percobaan. Parameter yang diamati adalah total bakteri asam laktat dan Coliform, data tersebut dianalisis keragamannya pada ketelitian 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh nyata (P>0,05) perlakuan terhadap parameter yang diukur. Disimpulkan bahwa pemberian onggok fermentasi dan atau tanpa antibiotik tidak memberikan pengaruh terhadap jumlah bakteri asam laktat dan Coliform. Kata kunci: bakteri asam laktat, Coliform, broiler, probiotik, antibiotik

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:65158
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:26 Sep 2018 10:48
Last Modified:26 Sep 2018 10:48

Repository Staff Only: item control page