FATMAWATI, Endang (2015) MENGOPTIMALKAN PERAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DAN GURU PUSTAKAWAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN. In: Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia 2015 Library Move On, hal. 369-377. Jakarta:ISIPII. ISBN: 978-602-95858-2-7, tanggal 20 Agustus 2015, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
| PDF 1735Kb |
Abstract
Pembelajaran yang menyenangkan harus dibangun oleh semua elemen sekolah. Sinergi dan kolaborasi antara guru pustakawan dengan pustakawan sekolah sangatlah penting. Permasalahan yang ada, pustakawan sekolah dan guru pustakawan belum nampak kiprahnya dalam mendukung pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah. Pustakawan sekolah dan guru pustakawan idealnya ikut berperan menentukan kualitas siswa dan menjadi ujung tombak di bidang pendidikan sehingga memiliki peran yang sangat krusial melalui proses pembelajaran. Selain itu, bisa ikut terlibat dalam implementasi visi sekolah dengan mengelola perpustakaan sekolah dan menciptakan layanan informasi yang efektif sehingga berkontribusi untuk mendukung pembelajaran. Jadi harus profesional dalam hal pengetahuan, praktek, dan komitmen. Mengoptimalkan peran dengan cara: mempunyai kompetensi dalam mengelola perpustakaan sekolah, menguasai aspek ilmu pengajaran dan pendidikan untuk menunjang proses belajar siswa, mengembangkan profesionalisme sebagai pekerja informasi, memiliki hard skill dan soft skill, memahami kompetensi pedagogik, menguasai keilmuan perpustakaan, maupun meningkatkan minat baca siswa untuk mengunjungi perpustakaan sekolah melalui bimbingan literasi informasi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pustakawan sekolah, guru pustakawan, pembelajaran, literasi informasi |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
ID Code: | 65140 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 26 Sep 2018 09:01 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 09:06 |
Repository Staff Only: item control page