Hubungan Antara Internal Locus of Control dengan Social Loafing pada Mahasiswa Semester Enam Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Peranginangin, Fredy Josua and Hadiyati, Frieda Nuzulia Ratna (2018) Hubungan Antara Internal Locus of Control dengan Social Loafing pada Mahasiswa Semester Enam Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
312Kb

Abstract

Social loafing adalah suatu kecenderungan seseorang untuk kurang produkitf ketika bekerja di dalam kelompok daripada bekerja secara individual. Internal locus of control adalah suatu keyakinan seseorang bahwa kegagalan maupun keberhasilan yang dialaminya terjadi karena dikendalikan diri sendiri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara internal locus of control dengan social loafing pada mahasiswa semester enam Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 207 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 137 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala social loafing (25 aitem dengan α = 0, 858) dan skala internal locus of control (24 aitem dengan α = 892). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan signifikan antara nternal locus of control dengan social loafing (rxy = 0,688 dengan p = 0,000) yang berarti semakin tinggi internal locus of control maka akan semakin rendah social loafing. Sebaliknya, semakin rendah internal locus of control maka semakin tinggi social loafing. Sumbangan efektif yang diberikan dalam penelitian ini sebesar 47,3%, dan 52,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:65139
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2019 11:03
Last Modified:18 Feb 2019 11:03

Repository Staff Only: item control page