Pengaruh Digital Storytelling terhadap Peningkatan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini

Aisha , Ifti and Kaloeti, Dian Veronika Sakti (2018) Pengaruh Digital Storytelling terhadap Peningkatan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
32Kb

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan The Gallup World Poll pada tahun 2011, tingkat prososial masyarakat Indonesia masih berada di bawah rata-rata (39%) yaitu sebesar 37% dengan tingkat masyarakat anti sosial sebesar 5.7%. Rendahnya perilaku prososial tidak hanya ditunjukkan oleh orang dewasa tetapi juga anak, sehingga diperlukan sebuah metode yang dapat secara efektif meningkatkan perilaku prososial sejak dini. Salah satunya adalah dengan menggunakan digital storytelling. Digital stoytelling merupakan metode bercerita dengan menggunakan media digital untuk menyajikan informasi secara singkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh digital storytelling pada peningkatan perilaku prososial anak usia dini. Penelitian ini merupakan true eksperimen dengan repeated measures design. Subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa TK IT Shofa Marwah dengan usia berkisar 5-7 tahun. Pengumpulan data hasil eksperimen dilakukan dengan menggunakan tabel observasi yang terdiri dari 15 indikator perilaku prososial yang dikembangkan dari lima aspek perilaku prososial menurut Mussen. Uji validasi perangkat dan alat eksperimen dilakukan dengan expert judgement oleh tiga orang ahli. Sementara uji realibilitas dilakukan dengan menggunakan uji alpha cronbach dan ICC dan dianalisis dengan menggunakan SPSS 23.0, dengan hasil alpha cronbach sebesar (r =.965), sedangkan dari hasil ICC didapatkan realibilitas antar rater sebesar (r = .965) dengan konsistensi satu orang rater sebesar (r = .873). Hasil analisis uji Friedman menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan perilaku prososial pada subjek setelah mendapatkan digital storytelling selama lima hari berturut-turut dengan nilai p sebesar .000 (p< .05). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa digital storytelling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan perilaku prososial pada anak usia dini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:65102
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2019 11:43
Last Modified:18 Feb 2019 11:43

Repository Staff Only: item control page