Evaluasi Tingkat Kebisingan Terhadap Risiko Relatif (RR) Gangguan Akibat Kebisingan Kereta Api yang Melintas di Permukiman Sekitar Rel Kereta Api Jalur Tawang - Surabaya di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.

Ristiani, Ani (2018) Evaluasi Tingkat Kebisingan Terhadap Risiko Relatif (RR) Gangguan Akibat Kebisingan Kereta Api yang Melintas di Permukiman Sekitar Rel Kereta Api Jalur Tawang - Surabaya di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Kereta api merupakan transportasi dengan multi keunggulan komparatif, misalnya hemat lahan dan energi, rendah polusi, bersifat massal, adaptif dengan perubahan teknologi yang memasuki era kompetisi. Perkeretaapian tidak saja memberi dampak yang positif bagi masyarakat sekitarnya, tetapi juga kemungkinan dampak negatif berupa pencemaran suara (noise pollution) akibat kebisingan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebisingan terhadap Risiko Relatif dampak negatif kebisingan dengan fokus kepada dampak ketergangguan akibat kebisingan kereta api yang melintas, studi kasusnya di permukiman dekat rel kereta api jalur Tawang - Surabaya Kelurahan Tambakrejo. Gangguan kebisingan dinilai pada tingkat populasi melalui kuesioner sikap yang mengacu pada Komisi Internasional tentang Efek Biologis dari Kebisingan (ICBEN) dan Organisasi Standardisasi Internasional (ISO 15666) Sedangkan pengukuran tingkat kebisingan dilakukan pada 8 titik dengan jarak yang berbeda dari rel kereta api selama 2 hari menggunakan metode Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996. Dari pengukuran tingkat kebisingan didapatkan nilai Leq sebesar 57 - 72 dBA. Hasil studi kuesioner menunjukkan bahwa 46,15 % responden dari total 102 responden merasa sangat terganggu pada tingkat kebisingan > 70 dBA. Adapun untuk nilai Risiko Relatif HA (Highly Annoyed) dan Selang Kepercayaannya didapatkan sebesar 6,078 kali dan [(2,49),(14,78)]. Kata kunci: kereta api, kebisingan, gangguan, kuesioner sikap, ICBEN dan ISO, Risiko Relatif

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:65036
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Sep 2018 09:45
Last Modified:21 Sep 2018 09:45

Repository Staff Only: item control page