Hubungan antara Manajemen Kelas dan Keterhubungan terhadap Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA

Saleh, Rachmat and Listiara, Anita (2018) Hubungan antara Manajemen Kelas dan Keterhubungan terhadap Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
144Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dan keterhubungan terhadap sekolah pada siswa kelas XI SMA. Keterhubungan terhadap sekolah adalah suatu perasaan positif dimana siswa merasa dihargai, dihormati, serta didukung oleh teman-temannya dan guru di sekolah sehingga siswa merasa yakin bahwa teman-temannya dan guru yang berada di sekolahnya peduli dengan pendidikannya serta mempedulikan dirinya sebagai individu. Manajemen kelas adalah penilaian siswa mengenai tindakan-tindakan yang sengaja dilakukan oleh guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas agar terjadi proses belajar mengajar yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Mranggen. Sampel penelitian berjumlah 240 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Manajemen Kelas (46 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,925) dan Skala Keterhubungan Terhadap Sekolah (39 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,920). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara manajemen kelas dan keterhubungan terhadap sekolah (r = 0,691, p = 0,000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penilaian siswa mengenai manajemen kelas maka semakin tinggi keterhubungan terhadap sekolah dan semakin buruk penilaian siswa mengenai manajemen kelas maka semakin rendah pula keterhubungan terhadap sekolah. Manajemen kelas memberikan sumbangan efektif pada keterhubungan terhadap sekolah sebesar 47,8%. Kata Kunci: manajemen kelas, keterhubungan terhadap sekolah, siswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:65032
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2019 11:44
Last Modified:18 Feb 2019 11:44

Repository Staff Only: item control page