Prastawa, Heru and Taurena. D, Mayriska (2009) Analisis Ergonomi dan Usulan Perbaikan Fasilitas Belajar untuk Anak-Anak (Studi Kasus di TK Candi Baru Semarang). Diponegoro University. (Unpublished)
Microsoft Word 22Kb |
Abstract
Pada usia prasekolah anak-anak akan mengalami perkembangan yang sangat cepat dari segi fisik, kognitif, emosi maupun sosial. Taman kanak-kanak (TK) sebagai lembaga pendidikan formal pertama merupakan salah satu sarana untuk membantu memberi rangsangan dan dukungan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Faktor-faktor yang berperan dalam menunjang perkembangan anak di taman kanak-kanak adalah kualitas guru, program kegiatan dan lingkungan fisik. Agar program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan perkembangan anak optimal, maka perlu didukung oleh ruang kelas sebagai bagian dari lingkungan fisik. Dalam penelitian ini akan disampaikan hasil studi mengenai observasi dan perancangan fasilitas fisik dan tata letak ruang kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Dengan melakukan pengukuran langsung terhadap anthropometri anak, membuat alternatif layout yang sesuai dengan ruang kelas TK Candi Baru berdasarkan pedoman Depdiknas. Penataan ruang kelas yang dilakukan menggunakan pendekatan Kansei Engineering terdiri dari layout dalam ruang yang ergonomis dan penggunaan warna. Hasil dari penelitian ini dalah perancangan ulang fasilitas belajar meliputi ukuran fasilitas fisik agar menjadi ergonomis yang disesuaikan dengan dimensi tubuh anak-anak TK Candi Baru sehingga ukuran perabot yang dirancang dapat lebih nyaman sesuai dengan bentuk dan ukurannya, warna yang menarik, dan memiliki fungsi yang sesuai kebutuhan; warna dinding diubah berwarna biru dan putih agar memberi efek ketenangan, sejuk, luas, lembut, leluasa, dan bersih; serta perbaikan dalam hal layout dilakukan dengan mengelompokkan 10 area belajar agar anak dapat memilih sesuai minat, lalu membuat area utama.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak, anthropometri, ergonomi, Kansei Engineering, layout |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
ID Code: | 6498 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 04 Feb 2010 13:32 |
Last Modified: | 04 Feb 2010 13:32 |
Repository Staff Only: item control page