Nurkertamanda, Denny and Rahmania, Ima (2007) Analisis Kegagalan Produk Alat Permainan Papan Pasak(APPP) dengan Pendekatan Function - Failure Design Method(FFDM). Diponegoro University. (Unpublished)
Microsoft Word 27Kb |
Abstract
Analisis Kegagalan Produk Alat Permainan Papan Pasak (APPP) ini merupakan tahapan continuos improvement terhadap hasil rancangan produk APPP yang telah dikembangkan pada tugas sarjana terdahulu dengan menggunakan metode QFD. Alat permainan papan pasak merupakan alat permainan edukatif yang dapat difungsikan secara multi guna. Alat permainan edukatif ini memiliki ciri membuat anak terlibat secara aktif, sehingga produk APPP ini harus dirancang dengan tuntutan kualitas yang tinggi, khususnya dalam aspek edukatif dan aspek keamanan bagi anak. Oleh karena itu, hasil dari perancangan dan pengembangan produk APPP ini sebaiknya dievaluasi atau diuji oleh konsumen secara langsung, dan dilakukan analisis kegagalan untuk menjamin fungsi – fungsi yang terkandung dalam produk dapat berfungsi dengan baik dan aman digunakan bagi pengguna. Metode FFDM yang digunakan untuk menganalisis kegagalan produk APPP memprediksi moda kegagalan yang mungkin berdasarkan pada fungsi / kemampuan produk APPP. FFDM memperoleh potensial kegagalan berdasarkan pada data historis dibandingkan dengan melalui ingatan manusia secara langsung seperti dalam proses FMEA. Pendekatan FFDM membutuhkan lebih sedikit pengeluaran dalam personel ketika melakukan analisis. Data historis kegagalan diperoleh melalui pengujian APPP secara langsung pada anak – anak pra sekolah. Moda kegagalan yang paling umum terjadi pada fungsi – fungsi APPP ditunjukkan dengan nilai yang relatif tinggi pada Function – Failure Matrix (EF). Matrix EF ini diperoleh dengan mengalikan function – component matrix (EC) dan component – failure matrix (CF). Function – component matrix (EC) dibuat dengan bantuan bill of material dan functional modelling, sedangkan component – failure matrix (CF) dibuat berdasarkan failure report yang di dapatkan dari hasil pengujian APPP. Prototype APPP dibuat untuk melihat perubahan desain dari desain awal APPP berdasarkan pada rekomendasi perbaikan dengan tujuan untuk mengeliminasi atau mengurangi terjadinya kegagalan. Prototype ini hanyalah prototype awal yang dibuat dengan material busa, akan tetapi desain dan jumlah komponen / part sesuai dengan hasil perancangan. Kata Kunci : Alat Permainan Papan Pasak (APPP), FMEA, FFDM, matrix, prototype.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
ID Code: | 6490 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 04 Feb 2010 12:20 |
Last Modified: | 04 Feb 2010 12:20 |
Repository Staff Only: item control page