Pengaruh Return of Assets (ROA) terhadap Harga Saham dengan Earning Per Share (EPS) sebagai Intervening (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Tekstil & Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

Fiona, Mutiara Efendi (2018) Pengaruh Return of Assets (ROA) terhadap Harga Saham dengan Earning Per Share (EPS) sebagai Intervening (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Tekstil & Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
652Kb
[img]
Preview
PDF
449Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

289Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

916Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

98Kb

Abstract

Perkembangan pasar modal yang pesat saat ini menarik perhatian masyarakat dan pemilik modal untuk berinvestasi dipasar modal. Harga saham merupakan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap kinerja perusahaan. Selama tahun 2013-2016 rata-rata harga saham perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami kondisi yang fluktuatif. Adapun rasio keuangan yang diduga mempengaruhi naik turunnya harga saham adalah rasio profitabilitas berupa ROA dan EPS karena mampu menjelaskan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan jumlah populasi sebanyak 15 Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2016. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear dengan program SPSS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA terhadap terhadap harga saham melalui EPS sebagai mediator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, namun ROA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel mediasi yaitu EPS. Variabel EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Secara stimulan, ROA dan EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham. EPS merupakan variabel mediasi penuh dan secara signifikan dapat memediasi hubungan antara ROA dan harga saham. Serta variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah EPS. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap harga saham adalah EPS, sedangkan variabel ROA tidak berpengaruh terhadap harga saham. Serta variabel EPS dapat memediasi hubungan antara ROA dan harga saham. Dari hasil penelitian ini, diharapkan perusahaan lebih meningkatkan rasio EPS perusahaan agar dapat meningkatkan harga saham sehingga dapat menguntungkan perusahaan dan investor

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:64845
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Oct 2018 10:29
Last Modified:01 Oct 2018 10:29

Repository Staff Only: item control page