Recovery Logam Cu (II) dan Cr(VI) dari Limbah Cair Elektroplating Menggunakan Polymer Inclusion Membrane (PIM)

Djunaidi, M. Cholid (2018) Recovery Logam Cu (II) dan Cr(VI) dari Limbah Cair Elektroplating Menggunakan Polymer Inclusion Membrane (PIM). Jurnal REAKTOR, Vol. 13 (Issue:1,). pp. 16-23. ISSN 0852-0798

[img]
Preview
PDF (Artikel Recovery Logam Cu (II) dan Cr(VI) dari Limbah Cair Elektroplating Menggunakan Polymer Inclusion Membrane (PIM))
292Kb
[img]
Preview
PDF (Peer Review dan kelengkapannya Recovery Logam Cu (II) dan Cr(VI) dari Limbah Cair Elektroplating Menggunakan Polymer Inclusion Membrane (PIM))
2664Kb
[img]
Preview
PDF (Turnitin Recovery Logam Cu (II) dan Cr(VI) dari Limbah Cair Elektroplating Menggunakan Polymer Inclusion Membrane (PIM))
1148Kb

Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/reaktor/art...

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang recovery logam Cu(II) dan Cr(VI) dari limbah cair elektroplating menggunakan Polymer Inclusion Membrane (PIM). PIM memiliki kestabilan yang tinggi untuk mengatasi kelemahan ketidakstabilan membran cair. Membran PIM diletakkan diantara dua fasa yaitu fasa umpan sebagai sumber logam Cu (II) dari limbah elektroplating dengan pH 3 dan fasa penerima adalah larutan HNO3 dengan pH 1 dan pH 4,4 di fasa umpan serta pH 6,3 di fasa penerima dengan NaCl 2 N untuk logam Cr(VI). Efisiensi recovery diketahui dengan menentukan kadar Cu (II) dan Cr(VI) dalam fasa umpan dan penerima menggunakan AAS, sedangkan karakterisasi membran menggunakan FTIR, SEM dan spektroskopi UV. Membran PIM yang dihasilkan memiliki sifat: tipis, bening, jernih dan lentur. Dari hasil AAS diperoleh persentase transpor PIM yang dilakukan dengan pengadukan selama 24 jam menunjukkan bahwa persentase transpor logam Cu (II) yang paling tinggi dari fasa umpan sebesar 83,41% dan transpor pada fasa penerima sebesar 72,56%. Sementara prsentase transpor Cr(VI) optimal yaitu 97,8% dari fasa umpan serta 76,5 % di fasa penerima. Hasil karakterisasi membran menggunakan spektroskopi FTIR dan UV menunjukkan bahwa membran PIM cukup stabil. Sedangkan hasil SEM menunjukkan tidak terdapat pori dalam membran sehingga transpor yang terjadi secara difusi melalui perantara senyawa pembawa

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QD Chemistry
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Chemistry
ID Code:64843
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Sep 2018 13:33
Last Modified:21 Jun 2020 12:47

Repository Staff Only: item control page