SINTESIS TURUNAN POLIEUGENOL SEBAGAI CARRIER BAGI RECOVERY LOGAM BERAT DENGAN TEKNIK MEMBRAN CAIR

Djunaidi, M. Cholid (2010) SINTESIS TURUNAN POLIEUGENOL SEBAGAI CARRIER BAGI RECOVERY LOGAM BERAT DENGAN TEKNIK MEMBRAN CAIR. Jurnal REAKTOR, 13 (1). pp. 16-23. ISSN 0852-0798

[img]
Preview
PDF (Sintesis_Turunan_Polieugenol_Sebagai_carrier_Bagi_Recovery)
340Kb
[img]
Preview
PDF (Turnitin Sintesis Turunan Polieugenol Sebagai carrier Bagi Recovery Logam berat dengan Teknik Membran cair)
1949Kb
[img]
Preview
PDF (Peer Review dan kelengkapan Sintesis Turunan Polieugenol Sebagai carrier Bagi Recovery Logam berat dengan Teknik Membran cair)
3471Kb

Official URL: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/reaktor/arti...

Abstract

Telah dilakukan sintesis senyawa asam poliuegenoksi asetat dan polieugenoksi asetil piridil karbinolat (suatu turunan polieugenoksi asetat dengan gugus aktif N) dari eugenol. Hasil sintesis digunakan sebagai ekstraktan logam berat dengan metode transport membran cair. Analisis struktur polimer yang terbentuk dilakukan dengan spektrometer infra merah, 1H NMR, KLT, dan uji kelarutan. Penentuan berat molekul relatif polimer menggunakan metode viscometer Ubbelohde. Transport logam dilakukan dengan Membran Cair Ruah (BLM) menggunakan sel gelas tipe U terhadap campuran logam Cu (II), Fe (III), Ni (II), Cd (II), Zn (II), dan Cr (III) kesemuanya dalam bentuk garam klorida. Transport dilakukan pada fasa umpan dan penerima HCl, konsentrasi logam masing-masing 50 ppm. Penentuan konsentrasi ion logam di fasa penerima sebelum dan sesudah transport dilakukan dengan spectrofotometer serapan atom, sedangkan perubahan pH yang menyertai diukur dengan pH meter. Hasil sintesis polieugenoksi asetat dan polieugenoksi asetil piridil karbinolat berupa serbuk amorf berwarna merah bata sampai coklat tua, dengan berat molekul 5.980.854 gram/mol dan 5.602.282 gram/mol. Hasil transport terhadap campuran logam menunjukkan polieugenoksi asetat dan polieugenoksi asetil piridil karbinolat dengan gugus N hasil sintesis mampu mentransferkan campuran logam ke fasa penerima dengan urutan logam hard (Cr (III) dan Fe (III)) > logam borderline (Ni (II), Zn (II) dan Cu (II)), logam soft Cd (II).

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QD Chemistry
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Chemistry
ID Code:64840
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Sep 2018 13:40
Last Modified:21 Jun 2020 12:36

Repository Staff Only: item control page