KAJIAN KANDUNGAN PROKSIMAT DAN SERAT SERTA KECERNAAN KLOBOT JAGUNG AMONIASI-FERMENTASI SEBAGAI BAHAN PAKAN KOMPLIT SAPI POTONG

TAMPOEBOLON, Baginda Iskandar Moeda and PRASETIYONO, Bambang Waluyo Hadi Eko and Mukodiningsih, Sri (2018) KAJIAN KANDUNGAN PROKSIMAT DAN SERAT SERTA KECERNAAN KLOBOT JAGUNG AMONIASI-FERMENTASI SEBAGAI BAHAN PAKAN KOMPLIT SAPI POTONG. Project Report. FPP UNDIP.

[img]
Preview
PDF
1069Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh perbedaan lama proses fermentasi menggunakan starter Aspergilus niger untuk proses fermentasi terhadap parameter komponen kimia, komponen serat dan fermentasbilitas secara in vitro yang meliputi kecernaan bahan kering dan bahan organik, serta produksi VFA dan NH . Tujuan jangka panjang penelitian adalah untuk memanfaatkan klobot jagung yang merupakan hasil samping/ limbah pertanian sebagai bahan pakan komplit sapi potong yang murah dan berkualitas, serta membuka peluang usaha dan kesempatan kerja baru dibidang industri pengolahan pakan. Target khusus penelitian ini adalah menentukan teknik pengolahan yang tepat klobot jagung dalam upaya peningkatan kualitasnya sebagai bahan pakan komplit sapi potong. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian percobaan dengan perlakuan amoniasi suhu tinggi (60 o C) dan konsentrasi amonia 6%, serta fermentasi (menggunakan starter Aspergilus niger 5%) dengan lama peram berbeda (0, 2 dan 4 minggu) terhadap klobot jagung. Parameter yang diamati : komponen kimia dan komponen serat (selulosa, hemiselulosa dan lignin) klobot jagung fermentasi, serta parameter fermentabilitas secara in vitro yang meliputi kecernaan bahan kering dan bahan organik, produksi VFA dan NH . Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama proses fermentasi, maka kandungan protein kasar, abu, KcBK, KcBO, produksi VFA dan NH 3 3 3 juga semakin meningkat, namun kandungan bahan kering, bahan organik, serat kasar, BETN, ADF, NDF, hemiselulosa, selulosa serta lignin semakin menurun. Kesimpulan yang diperoleh adalah psoses fermentasi menggunakan starter A. niger 5% sampai 2 minggu, dapat meningkatkan kandungan protein kasar, abu, KcBK, KcBO, produksi VFA, NH , serta protein total dan menurunkan kandungan bahan kering, bahan organik, serat kasar, BETN, ADF, NDF, hemiselulosa, selulosa serta lignin.

Item Type:Monograph (Project Report)
Subjects:A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:64569
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:10 Sep 2018 15:36
Last Modified:10 Sep 2018 15:36

Repository Staff Only: item control page