Kompetensi Komunikasi Public Relations dalam Menjalin Hubungan dengan Stakeholder

Fajrina , Aulia Arumdhani (2018) Kompetensi Komunikasi Public Relations dalam Menjalin Hubungan dengan Stakeholder. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
388Kb
[img]
Preview
PDF
398Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

117Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

361Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

204Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

92Kb

Abstract

Kegiatan public relations merupakan manajemen komunikasi untuk membangun dan memelihara hubungan baik antara organisasi dengan stakeholdernya. Dalam menjalankan kegiatan public relations tersebut, praktisi public relations membutuhkan kompetensi komunikasi yang digunakan untuk proses dialog, membangun relasi, negosiasi, meyakinkan publik atau meyakinkan manajemen dalam pengambilan kebijakan. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV memiliki divisi Communication & CSR dengan salah satu tugas yang dijalankan yaitu pengelolaan hubungan dengan stakeholder baik internal maupun eksternal. Pengelolaan hubungan dapat dilakukan secara langsung dengan tatap muka maupun melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi komunikasi yang dimiliki public relations Pertamina MOR IV dalam menjalin hubungan dengan stakeholder. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teori kompetensi komunikasi dari Spitzberg & Cupach dan teori kompetensi interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian, praktisi public relations Pertamina MOR IV memiliki kompetensi komunikasi yang terdiri dari motivasi, pengetahuan dan keterampilan yang berada pada tahap conscious competence, dimana praktisi public relations telah memahami jenis-jenis dan karakteristik stakeholder. Praktisi public relations sudah memiliki hubungan yang baik dengan internal stakeholder dan media. Tetapi belum cukup memiliki hubungan yang dekat dengan eksternal stakeholder yang meliputi warga di area Kelurahan Sekayu Semarang dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Public relations Pertamina MOR IV belum memiliki kedekatan dengan warga Kelurahan Sekayu karena kegiatan yang dilaksanakan sifatnya adalah program pemberian yang tidak melalui diskusi dan musyawarah terlebih dahulu dengan warga, sehingga program yang terlaksana kurang sesuai dengan kebutuhan warga. Sedangkan untuk LSM, public relations belum pernah melakukan pertemuan untuk membangun relasi. Untuk kompetensi interpersonal, praktisi public relations Pertamina MOR IV yang terdiri dari unit manager dan staf public relations memiliki level yang berbeda. Kompetensi interpersonal unit manager berada pada level atas yaitu mampu untuk berkomunikasi secara diplomasi dan memperlakukan stakeholder secara hormat. Staf public relations berada pada level menengah yaitu mampu untuk membangun hubungan dengan stakeholder secara konstruktif berdasarkan bidangnya dan menempatkan hubungan yang tepat antara staf public relations dengan stakeholder.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:64540
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:12 Sep 2018 09:40
Last Modified:12 Sep 2018 09:40

Repository Staff Only: item control page