Pengaruh Terpaan Iklan Facebook, Terpaan Artikel Advetorial, Terpaan Endorser di Instagram pada Kampanye “#CerahkanDenganDove” terhadap Keputusan Pembelian Dove Ultimate White Deodoran

Efrilia , Wahyu Nur R (2018) Pengaruh Terpaan Iklan Facebook, Terpaan Artikel Advetorial, Terpaan Endorser di Instagram pada Kampanye “#CerahkanDenganDove” terhadap Keputusan Pembelian Dove Ultimate White Deodoran. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
348Kb
[img]
Preview
PDF
492Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

323Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

223Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

200Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pasar deodoran yang menjanjikan di kategori Personal Care FMCG di Indonesia. Pasar deodoran di Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang pesat hingga tahun 2021. Namun di sisi lain, intensitas persaingan antar merek akan meningkat. Salah satu deodoran yang cukup terkenal adalah Dove yang merupakan produk dari PT Unilever Indonesia TBK. Dove memiliki positioning yang berbeda yaitu sebagai salah satu deodorant yang merawat kulit ketiak wanita. Dalam launching variant baru yaitu Dove Ultimate White, Dove menggunakan berbagai strategi untuk menarik target konsumen untuk melakukan keputusan pembelian seperti iklan Facebook, artikel advertorial, dan endorser di Instagram yang dilakukan pada bulan November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan iklan Facebook, artikel advertorial, dan endorser di Instagram terhadap keputusan pembelian produk Dove Ultimate White Deodoran. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan objek penelitian ini adalah wanita usia 20 – 35 tahun yang mendapat terpaan iklan Facebook, artikel advertorial, dan endorser di Instagram mengenai Dove Ultimate White. Di mana strategi yang digunakan oleh Dove merupakan strategi yang sesuai dengan usia target marketnya yang saat ini lebih aktif di dunia internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan iklan Facebook, terpaan artikel advertorial, dan terpaan endorser di Instagram terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Pada uji hipotesis didapatkan nilai koefisien arah regresi terpaan iklan Facebook sebesar 0,081, terpaan artikel advertorial sebesar 0,075 dan terpaan endorser di Instagram sebesar 0,098. Koefisien arah regresi menunjukkan bahwa semakin tinggi terpaan iklan Facebook, terpaan artikel advertorial dan terpaan endorser di Instagram maka semakin tinggi pula kecenderungan seseorang untuk melakukan keputusan pembelian. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mengenai faktor-faktor lain di luar faktor yang diteliti yang dapat memengaruhi keputusan pembelian

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:64537
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Sep 2018 10:50
Last Modified:10 Sep 2018 10:50

Repository Staff Only: item control page