Hubungan Daya Tarik Emosional dalam Media Sosial Instagram dan Interaktifitas Komunikasi dalam Media Sosial Line, WhatsApp & Instagram dengan Minat Beli Konsumen Generasi Z pada Precious Party Planner

Diah , Ayu Retno Wulandari (2018) Hubungan Daya Tarik Emosional dalam Media Sosial Instagram dan Interaktifitas Komunikasi dalam Media Sosial Line, WhatsApp & Instagram dengan Minat Beli Konsumen Generasi Z pada Precious Party Planner. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
705Kb
[img]
Preview
PDF
491Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

745Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

243Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

84Kb

Abstract

Berbagai sosial media yang digunakan untuk melakukan bisnis adalah facebook, youtube, dan Instagram. Termasuk dengan Precious Party Planner yang juga menggunakan Instagram untuk mempromosikan kegiatan bisnis, hingga mendapatkan sikap positif dari konsumen yang berupa follow, impersion, enggagement, saved, dan like dengan total 51.439 dan menggunakan Line, WhatsApp & direct message Instagram untuk melakukan kegiatan komunikasi dengan mendapatkan 68 pesan dalam kurun waktu 3 bulan. Namun kondisi real menunjukan hanya ada 13 pengguna jasa Precious Party Planner,. Jumlah 13 ini tidak mencapai target penjualan yang seharusnya 11 pengguna jasa setiap bulannya. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan daya tarik emosional dalam media sosial Instagram akun Instagram Precious Party Planner dan interaktivitas komunikasi dalam media sosial (Instagram, Line, dan WhatsApp) dengan minat beli konsumen sebagai generasi Z. Teori yang digunakan untuk menghubungkan variabel daya tarik emosional dengan minat beli adalah Model Sikap Terhadap Iklan dan untuk menghubungkan variabel interaktifitas komunikasi dengan minat beli adalah Model Perilaku Konsumen Komunikasi-Hubungan dari Francesco Nicosia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatif asosiatif. Penelitian ini dilakukan pada 80 responden yang telah memfollow akun Instagram Precious Party Planner, berusia 18-24 tahun dan pernah berkomunikasi melalui Line/WhatsApp/direct message Instagram pada bulan November-Maret. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi Kendal Tau dengan hasil bahwa terdapat hubungan positif di setiap variabelnya. Nilai korelasi variabel daya tarik emosional dengan minat beli konsumen pada jasa Precious Party Planner adalah 0.537. Nilai korelasi variabel interaktifitas komunikasi dengan minat beli konsumen pada jasa Precious Party Planner adalah 0.488. Hasil tersebut memberikan saran kepada Precious Party Planner untuk meningkatkan daya tarik emosional dan interaktifitas komunikasi untuk meningkatkan minat beli. Kata Kunci : Daya Tarik Emosional, Interaktifitas Komunikasi, Instagram, Line, WhatsApp, Media Sosial, Party Planner.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:64536
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Sep 2018 10:42
Last Modified:10 Sep 2018 10:43

Repository Staff Only: item control page