Pengaruh Keterlibatan dalam Cyberbullying di Media Sosial dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying di Sekolah

Adyastuti , Fitria Damayanti (2018) Pengaruh Keterlibatan dalam Cyberbullying di Media Sosial dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying di Sekolah. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
505Kb
[img]
Preview
PDF
328Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

382Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

115Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

86Kb

Abstract

Masa remaja disebut sebagai suatu periode transisional, masa usia bermasalah, dan di masa ini terjadi perubahan sosial yang salah satunya meningkatnya pengaruh teman sebaya. Pengaruh teman sebaya sangat besar dan dapat memberikan dampak negatif yang dapat menjerumuskan seorang anak untuk berperilaku nakal, salah satunya perilaku bullying. Saat ini perilaku bullying yang sedang marak terjadi adalah cyberbullying di media sosial. Cyberbullying dapat diartikan sebagai aktivitas agresif yang dilakukan melalui teknologi yang bersifat merugikan atau menimbulkan pelecehan kepada orang lain dan terjadi secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan cyberbullying di media sosial dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying di sekolah. Teori yang digunakan yaitu Theory of Reasoned Action dan konsep mengenai Konformitas Teman Sebaya. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa dan siswi di SMP Islam Hidayatullah Kota Semarang. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) versi 15. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan variabel keterlibatan cyberbullying di media sosial berpengaruh positif terhadap perilaku bullying di sekolah dengan persamaan regresi Y= 0,260X1. Hasil uji hipotesis kedua juga menunjukkan variabel konformitas teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku bullying di sekolah dengan persamaan regresi Y= 0,290X2. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah supaya remaja lebih cerdas dan kritis dalam menyikapi beragam informasi yang terdapat di media sosial. Selain itu, pihak sekolah dapat lebih aktif dalam memberikan pendidikan mengenai penggunaan internet secara sehat. Kemudian siswa dihimbau untuk melaporkan jika terjadi tindakan bullying yang dilakukan oleh teman-temannya supaya tidak menjadi kebiasaan dan dapat menjaga lingkungan tetap tenang dan bersahabat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:64402
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Sep 2018 09:51
Last Modified:07 Sep 2018 09:52

Repository Staff Only: item control page