HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK TENTANG KESEHATAN GIGI PADA SISWA KELAS 3 DAN 4 DI SD NEGERI PUDAKPAYUNG 02 SEMARANG

Hanifah, Dian and Elsa, naviati (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK TENTANG KESEHATAN GIGI PADA SISWA KELAS 3 DAN 4 DI SD NEGERI PUDAKPAYUNG 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Medicine of Faculty.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3777Kb

Abstract

ABSTRAK Hanifah Dian Anugeraheni Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Praktik tentang Kesehatan Gigi pada Siswa Kelas 3 dan 4 di SD Negeri Pudakpayung 02 Semarang xiv + 87 halaman + 10 tabel + 3 gambar + 13 lampiran Studi pendahuluan menunjukkan 6 dari 10 siswa masih memiliki perilaku negatif dalam kesehatan gigi, 62 dari 71 siswa memiliki karies gigi. Perilaku siswa yang cenderung negatif mengakibatkan munculnya masalah pada kesehatan gigi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan praktik tentang kesehatan gigi pada siswa kelas 3 dan 4 di SD Negeri Pudakpayung 02 Semarang. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji Chi-Square. Responden penelitian ini sebanyak 113 responden. Hasil analisa data univariat menunjukkan pengetahuan dengan kategori baik 65 orang (57,5%), sikap dengan kategori buruk sebanyak 14 orang (12,4%) dan praktik dengan kategori baik 63 orang (55,8%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan dengan praktik tentang kesehatan gigi, dan menunjukkan tidak ada hubungan antara sikap dengan praktik tentang kesehatan gigi. Saran bagi masyarakat terutama orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar, agar aktif dalam mengawasi sekaligus memberikan contoh sehingga dapat membimbing dan mengarahkan anak-anak menjadi berpengetahuan, bersikap dan bertindakan yang baik. Kata Kunci : kesehatan gigi, pengetahuan, sikap Referensi : 54 (1984-2018)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:64394
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Sep 2018 14:16
Last Modified:06 Sep 2018 14:16

Repository Staff Only: item control page