TIPOLOGI TINGKAT URBAN SPRAWL DI KOTA SEMARANG BAGIAN SELATAN (KECAMATAN GUNUNGPATI, KECAMATAN BANYUMANIK, DAN KECAMATAN TEMBALANG)

APRIANI, Vina Indah and ASNAWI, Asnawi (2015) TIPOLOGI TINGKAT URBAN SPRAWL DI KOTA SEMARANG BAGIAN SELATAN (KECAMATAN GUNUNGPATI, KECAMATAN BANYUMANIK, DAN KECAMATAN TEMBALANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
87Kb

Abstract

Kota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah juga merupakan pusat dari Kawasan Strategis Nasional Kedungsepur. Saat ini hampir sepertiga populasi penduduk Kedungsepur tinggal di Kota Semarang dengan rata-rata laju pertumbuhan penduduk Kota Semarang sebesar 1,4% pertahun. Semakin besar laju pertumbuhan penduduk, menyebabkan kebutuhan akan perumahan yang semakin besar pula. Pada tahun 2011, laju pertumbuhan penduduk Kota Semarang akibat migrasi sebesar 2,24% (BPS, 2012). Laju urbanisasi yang tidak terkontrol menyebabkan ledakan penduduk semakin memadati kawasan perkotaan dan menyebabkan terjadinya ekspansi (perluasan perkotaan pada kawasan pinggiran). Berdasarkan laporan dari dokumen Rencana Jangka Menengah Kota Semarang (RPJM) Bappeda 2010, pola struktur keruangan Wilayah kota Semarang mengalami perembetan meloncat dan tidak kompak yang terjadi seiring dengan kecenderungan perkembangan perumahan dikawasan pinggiran. Permasalahan ini jika terus dibiarkan akan berkembang menjadi permasalahan yang lebih kompleks dan sulit terkendali di masa yang akan datang. Kota Semarang bagian selatan merupakan sasaran dari pengembangan perkotaan terutama dalam bidang perumahan. Pengembangan yang terus menerus serta tidak terkendali pada wilayah yang merupakan ekspansi perkotaan diduga yang akan menimbulkan fenomena urban sprawl yang berdampak negatif dari sisi lingkungan, ekonomi, dan sosial masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:64327
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:05 Sep 2018 13:03
Last Modified:05 Sep 2018 13:03

Repository Staff Only: item control page