Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten (Pelayanan Pembuatan e-KTP)

NELLY , RIFDA KAMILA (2018) Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten (Pelayanan Pembuatan e-KTP). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
1858Kb
[img]
Preview
PDF
1017Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1019Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1016Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1017Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten dalam melayani pembuatan e-KTP melalui Nilai Konversi IKM berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan menggunakan data hasil dari kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pelayanan publik pembuatan e-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten adalah 2,91 dengan angka konversi I K M sebesar 72,75. Maka tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten berada dalam kategori kurang puas. Hasil penghitungan dari 9 unsur Indeks Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut: (1) Persyaratan memiliki nilai konversi IKM sebesar 72,75 dengan kategori kurang puas. (2) Prosedur memiliki nilai konversi IKM sebesar 62 dengan kategori tidak puas. (3)Waktu pelayanan memiliki nilai konversi IKM sebesar 72,75 dengan kategori kurang puas. (4) Biaya/tarif memiliki nilai konversi IKM sebesar 89 dengan kategori sangat puas. (5) Produk layanan memiliki nilai konversi IKM. (6) Kompetensi pelaksana memiliki nilai konversi IKM sebesar 73,5 dengan kategori kurang puas. (7) Perilaku pelaksana memiliki nilai konversi IKM sebesar 65,75 dengan kategori kurang puas. (8) Sarana dan prasarana memiliki nilai IKM sebesar 60 dengan kategori tidak puas. (9) Penanganan pengaduan, saran dan masukan memiliki nilai konversi IKM sebesar 51,5 dengan kategori tidak puas. Kepuasan masyarakat berkaitan antara tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja/hasil yang dirasakan dengan harapannya. Apabila masyarakat belum merasa puas, hal ini mengindikasikan kinerja penyelenggara publik tersebut belum baik. Untuk meraih kemajuan, harus menyadari pentingnya meningkatkan produktivitas kerja. Sehingga kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten perlu diperbaiki

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:64292
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Sep 2018 10:03
Last Modified:07 Sep 2018 10:03

Repository Staff Only: item control page