PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KAPANG Chrysonilia crassa DALAM PAKAN TERHADAP BOBOT RELATIF ORGAN LIMFOID DAN USUS HALUS AYAM BROILER

PRASETYO, RISKI AHMAD and Sugiharto, Sugiharto and Sunarti, Dwi (2018) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KAPANG Chrysonilia crassa DALAM PAKAN TERHADAP BOBOT RELATIF ORGAN LIMFOID DAN USUS HALUS AYAM BROILER. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
170Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
216Kb
[img]
Preview
PDF
164Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

231Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

502Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

864Kb

Abstract

RISKI AHMAD PRASETYO. 23010114120014. 2018. Pengaruh Pemberian Probiotik Kapang Chryonilia crassa dalam Pakan terhadap Bobot Relatif Organ Limfoid dan Usus Halus (Pembimbing : SUGIHARTO dan DWI SUNARTI). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian probiotik kapang Chrysonilia crassa terhadap bobot relatif organ limfoid dan usus halus ayam broiler. Penelitian dilakukan di kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro pada bulan Juli - Agustus 2017. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu ayam broiler (unsexing) sebanyak 200 ekor dengan rata-rata bobot badan day old chick (DOC) 41,1 ± 0,16 g, probiotik Chrysonilia crassa, antibiotik Zinc bacitracin, probiotik Bacillus, pakan ayam komersial (protein kasar 20 - 22%), dan air bersih. Perlengkapan dan peralatan yang digunakan adalah kandang ayam yang dibagi menjadi 20 petak, tempat pakan, tempat minum, timbangan digital dan alat tulis. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri dari : T1 = pakan basal, T2 = pakan basal + 0,04% Zinc bacitracin, T3 = pakan basal + 0,01% Bacillus subtilis, dan T4 = pakan basal + 1% Chrysonilia crassa. Parameter yang diukur yaitu bobot relatif organ limfoid dan usus halus. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis ragam taraf 5%, dan apabila data menunjukan adanya perbedaan maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian probiotik dengan kapang Chrysonilia crassa tidak berpengaruh nyata (P>0,05%) pada bobot relatif usus halus (duodenum, jejunum, ileum) dan organ limfoid spleen dan thymus, namun berpengaruh nyata (P<0,05) meningkatkan bobot relatif bursa fabricius. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan probiotik kapang Chrysonilia crassa berpengaruh positif terhadap pertumbuhan organ limfoid terutama bursa fabricius.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:64283
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Sep 2018 15:45
Last Modified:04 Sep 2018 15:45

Repository Staff Only: item control page