Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Sesuai Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi di Dinas Kesehatan Kota Salatiga Tahun 2016-2017)

ANIFAH , PUTRI CAHYANTI (2018) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Sesuai Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi di Dinas Kesehatan Kota Salatiga Tahun 2016-2017). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
4Mb
[img]
Preview
PDF
400Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

388Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1347Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

273Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

95Kb

Abstract

Pemenuhan standar pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 adalah kewajiban penyelenggara pelayanan. Belum semua penyelenggara pelayanan publik baik itu ditingkat kementerian/lembaga maupun di pemerintah daerah melaksanakan apa yang diamanahkan oleh undang undang tersebut. Hasil penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah pada tahun 2016 di Dinas Kesehatan Kota Salatiga menunjukkan bahwa pemenuhan standar pelayanan publik di instansi tersebut masih buruk (zona merah). Tahun 2017 hasil penilaian kepatuhan yang diperoleh Dinas Kesehatan Kota Salatiga meningkat meskipun tidak signifikan atau sedang (zona kuning). Timbul pertanyaan disini, apakah penilaian kepatuhan yang dilakukan Ombudsman dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik atau tidak sama sekali. Penelitian ini menggunakan mix method, yaitu menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan data dari hasil wawancara, observasi, dan kuesioner. Triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data yaitu dengan membandingkan data hasil wawancara dengan hasil kuesioner yang ditujukkan kepada masyarakat sebagai penggguna layanan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penilaian kepatuhan yang dilakukan oleh Ombudsman di Dinas Kesehatan Kota Salatiga belum dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh OPD ini hal ini dapat diketahui dari hasil survey kepuasan masyarakat yang dilakukan, pelayanan yang diselenggarakan tahun 2016-2017 masih buruk. Penyebab nilai kepatuhan Dinas Kesehatan Kota Salatiga buruk adalah karena penyelenggara pelayanan ini tidak mengamanatkan Undang Undang No.25 Tahun 2009 dan belum memahami indikator apa saja yang termasuk ke dalam standar pelayanan publik. Penilaian kepatuhan yang diharapkan dapat membuka keterbukaan informasi kepada masyarakat agar masyarakat tidak perlu banyak bertanya saat menggunakan layanan juga belum dapat berhasil, hal ini karena masyarakat lebih memilih banyak bertanya kepada petugas penyelenggara daripada mencari informasi sendiri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:64266
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Sep 2018 10:06
Last Modified:07 Sep 2018 10:06

Repository Staff Only: item control page