Suparni, Suparni (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN DAN KOMUNIKASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN PURWOREJO. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF 421Kb | |
| PDF 888Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 781Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 1112Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 35Kb |
Abstract
Kualitas Pelayanan Publik khususnya di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purworejo seharusnya dilakukan dengan baik namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti, kualitas pelayanan publik di DPMPTSP masih kurang baik ditunjukkan dengan polling pelayanan yaitu sebesar 46,2%. Hal tersebut disebabkan aplikasi perizinan online yang terkadang error dan adanya peraturan baru UU No. 72 Tahun 2017 tentang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan dalam Jaringan. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pubik, keterampilan pegawai, komunikasi pegawai serta hubungan antara keterampilan dan komunikasi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di DPMPTSP Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif melalui survei. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan publik di DPMPTSP Kabupaten Purworejo sudah baik dengan perolehan nilai rata-rata total 3,09 namun ada dua indikator yang masih rendah yaitu indikator kemudahan proses dalam pelayanan (2,78) dan alat bantu kerja (2,74). Keterampilan pegawai di DPMPTSP Kabupaten Purworejo sudah baik dengan nilai rata-rata total 3,04 dan komunikasi pegawai sudah baik dengan nilai rata-rarta total 3,05. Keterampilan pegawai mempunyai hubungan positif kuat dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 0,704 pada angka signifikansi 0,000 (< 0,1), komunikasi pegawai mempunyai hubungan positif sedang sebesar 0,566 dan signifikan pada angka 0,000 (< 0,1), dan secara bersama-sama antara keterampilan dan komunikasi pegawai mempunyai hubungan positif sedang sebesar 0,427 dan signifikan pada angka 0,000 (< 0,1). Dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas pelayanan publik, keterampilan pegawai, dan komunikasi pegawai di DPMPTSP Kabupaten Purworejo sudah baik. Saran yang dapat peneliti berikan untuk penelitian selanjutnya terkait kualitas pelayanan publik supaya memakai variabel yang berbeda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
ID Code: | 64257 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 04 Sep 2018 14:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 14:03 |
Repository Staff Only: item control page