Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Pegawai Terhadap Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam Menyelesaikan Laporan Pengaduan Masyarakat (Studi Kasus di Ombudsman RI Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah)

Nur , Dila Alfi Isnindya (2018) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Pegawai Terhadap Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam Menyelesaikan Laporan Pengaduan Masyarakat (Studi Kasus di Ombudsman RI Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
443Kb
[img]
Preview
PDF
454Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

424Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1349Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

216Kb

Abstract

Ombudsman Republik Indonesia adalah lembaga negara yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik untuk menjamin agar masyarakat memperoleh pelayanan yang prima. Ombudsman RI memiliki perwakilan di masing-masing provinsi salah satunya yaitu Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Kinerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam menyelesaikan laporan masih belum optimal karena belum mencapai target penyelesaian laporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 12 responden yang merupakan pegawai Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan quota sampling. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah tergolong baik walaupun belum mencapai target yang ditentukan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang dibuktikan dengan angka sig (2 tailed) > α=0,05 yaitu 0,068 > 0,05 dengan persentase pengaruh sebesar 29,4849%. Ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kemampuan pegawai dengan kinerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang dibuktikan dengan angka sig (2 tailed) > α=0,05 yaitu 0,890 > 0,05 dengan persentase pengaruh sebesar 0,2025%. Saran yang disampaikan adalah penambahan jumlah asisten yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing perwakilan, pemberian diklat yang merata bagi asisten yang memiliki tingkatan yang sama, pemberian diklat lanjutan dan pelatihan bahasa asing untuk meningkatkan kompetensi asisten.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:64244
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Sep 2018 11:19
Last Modified:04 Sep 2018 11:21

Repository Staff Only: item control page