ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SEMARANG

Dwi , Handyan Prasetyo (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
576Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

437Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

336Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

605Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

55Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

14Kb

Abstract

Investasi “pro investor” menjadi program dalam era pemerintahan Joko Widodo untuk mendorong masuknya investor, sehingga sudah sepatutnya pemerintah bersiap dalam hal pelayanan khususnya pelayanan perizinan. Masalah yang dihadapi oleh DPMPTSP Kabupaten Semarang adalah kurangnya sumberdaya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang analisis kualitas pelayanan perizinan di DPMPTSP Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan yaitu prinsip-prinsip kualitas pelayanan menurut PERMENPANRB No.14 Tahun 2017 yang meliputi : Persyaratan, Sistem mekanisme, dan prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/tarif, Produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, masukan, dan saran, sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan perizinan pada DPMPTSP Kabupaten Semarang telah memenuhi sembilan prinsip kualitas pelayanan, hal ini terlihat dari kepuasan yang masyarakat terima dari pelayanan yang diberikan di DPMPTSP Kabupaten Semarang. Beberapa kekurangan terjadi pada prinsip kualitas pelayanan burupa kurangnya sosialisasi, prosedur yang kurang efektif dan efisien bagi pegawai, kurangnya sumber daya manusia, dan kurangnya sarana dan prasarana bagi pegawai di DPMPTSP Kabupaten Semarang. Rekomendasi, perlu adanya sosialisasi tentang penyebarluasan persyaratan kepada masyarakat, penyederhanaan prosedur pelayanan perizinan bagi pegawai, penambahan pegawai pada DPMPTSP Kabupaten Semarang, dan pembaruan sarana dan prasarana bagi pegawai di DPMPTSP Kabupaten Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:64239
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Sep 2018 10:37
Last Modified:04 Sep 2018 10:41

Repository Staff Only: item control page