HUBUNGAN PERSEPSI POLA ASUH OTORITER ORANGTUA DENGAN INTENSI BULLYING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS DIPONEGORO

Qurrati, Ayun (2018) HUBUNGAN PERSEPSI POLA ASUH OTORITER ORANGTUA DENGAN INTENSI BULLYING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
174Kb

Abstract

Tindakan bullying adalah tindakan negatif yang dilakukan secara terus menerus oleh seseorang atau sekelompok orang yang bersifat agresif karena adanya ketidakseimbangan kekuatan antara pihak yang terlibat. Anak yang mendapat pola asuh otoriter atau terlalu dikontrol cenderung tumbuh tidak bahagia dan dapat memicu terjadinya perilaku maladaptif seperti bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh otoriter orangtua dengan intensi bullying pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2018. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2018 dengan sampel penelitian berjumlah 148 subjek. Teknik pengambilan data menggunakan convenience random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua buah skala psikologi yaitu skala intensi bullying (40 item valid, α = 0,940) dan skala persepsi pola asuh otoriter orangtua (25 item valid, α = 0,895). Hasil analisis data menggunakan analisis regresi menunjukkan hasil R_xy = 0,269 ; p < 0,01. Artinya ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi pola asuh otoriter orang tua dengan intensi bullying pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2018. Sumbangan efektif persepsi pola asuh otoriter orangtua sebesar 7,2%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:64222
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:18 Feb 2019 13:49
Last Modified:18 Feb 2019 13:49

Repository Staff Only: item control page