IDENTIFIKASI PENGARUH PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP SEKTOR UNGGULAN DAN PEREKONOMIAN DI KABUPATEN SUKAMARA, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

PURBA, Thendy Raya and NURINI, Nurini (2015) IDENTIFIKASI PENGARUH PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP SEKTOR UNGGULAN DAN PEREKONOMIAN DI KABUPATEN SUKAMARA, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
53Kb

Abstract

Kabupaten Sukamara berdiri pada tahun 2002 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Adanya investasi yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit berpengaruh terhadap kontribusi sektor ungulan, pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sukamara. Pengaruh terhadap sektor unggulan dan perekonomian tersebut dapat dilihat dari tingkat perekonomian daerah Kabupaten Sukamara yang disumbangkan oleh sektor pertanian, khususnya sub sektor perkebunan. Berdasarkan data dari Bappeda Kabupaten Sukamara sub sektor perkebunan pada tahun 2013 memberikan kontribusi sebesar 50,09% terhadap perekonomian Kabupaten Sukamara. Selain itu dengan adanya perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit yang berinvestasi dapat meningkatkan perekonomian daerah yang diperoleh dari pajak/sumbangan dari perusahaan kepada pemerintah daerah yang berdasarkan kesepakatan pemerintah daerah dan perusahaan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sukamara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:64192
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:03 Sep 2018 09:24
Last Modified:03 Sep 2018 09:24

Repository Staff Only: item control page