KAJIAN PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN PEDURUNGAN, KOTA SEMARANG IDENTIFY LAND USE CHANGING IN PEDURUNGAN, SEMARANG CITY

ZULHAMDI, Zulhamdi and DEWI, Diah Intan Kusumo (2018) KAJIAN PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN PEDURUNGAN, KOTA SEMARANG IDENTIFY LAND USE CHANGING IN PEDURUNGAN, SEMARANG CITY. In: Seminar Pembangunan Sektor Strategis Berbasis Pengembangan Wilayah Guna Mendukung Daya Saing Jawa Tengah, 25-26 Juli 2018.

[img]Microsoft Word
3855Kb

Abstract

Pertumbuhan penduduk kota cenderung meningkat disebabkan oleh laju urbanisasi dan migrasi yang tinggi. Laju urbanisasi tersebut mengakibatkan terjadinya pertumbuhan kota menuju ke arah pinggiran kota (peri-urban). Saat ini, Kota Semarang mengalami perkembangan kota ke arah pinggiran salah satunya ke arah timur Kota Semarang yakni di Kecamatan Pedurungan. Kecamatan Pedurungan merupakan Kecamatan yang secara administratif berbatasan langsung dengan Kabupaten Demak. Berdasarkan RTRW Kota Semarang Tahun 2010 – 2030, Kecamatan Pedurungan ditetapakan sebagai Pembagian Wilayah Kota V (BWK V). BWK V merupakan wilayah yang direncanakan sebagai lokasi pengembangan kawasan perumahan dengan kepadatan sedang hingga tinggi dan sebagai sub pusat pelayanan kota yang dilengkapi dengan sarana lingkungan perkotaan meliputi: sarana perdagangan dan jasa, sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana peribadatan, dan sarana pelayanan umum. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Pedurungan yang terjadi pada tahun 2003 – tahun 2011. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder dengan teknik overlay menggunanakan ArcGIS 10.2. Hasil dari penulisan adalah terjadi peningkatan untuk lahan terbangun diantaranya peningkatan untuk perdagangan dan jasa (58%), permukiman (3%), perkantoran (33%), kawasan transportasi (56%), industri (27%), pergudangan (53%), dan sarana olahraga (23%). Sedangkan untuk penggunaan lahan pertanian dan tegalan mengalami penurunan yang cukup drastis. Pertanian mengalami penurunan sebesar 52% dan tegalan sebesar 53%. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk di Kecamatan Pedurungan yang sangat relatif besar, sedangkan lahan yang tersedia tidak akan mengalami peningkatan sehingga menyebabkan permintaan terhadap lahan terbangun melebihi jumlah lahan yang tersedia di Kecamatan Pedurungan, Semarang.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:64191
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Sep 2018 09:03
Last Modified:03 Sep 2018 09:03

Repository Staff Only: item control page