HUBUNGAN KETERSEDIAAN RTH SEBAGAI RESAPAN AIR DENGAN DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DI KAWASAN PESISIR (Studi Kasus: Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang)

FAUZAN, Tengku Ahmad and MUSSADUN, Mussadun (2015) HUBUNGAN KETERSEDIAAN RTH SEBAGAI RESAPAN AIR DENGAN DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DI KAWASAN PESISIR (Studi Kasus: Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
85Kb

Abstract

Sampai saat ini, pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Indonesia belum sesuai dengan harapan yang ada, yaitu terwujudnya ruang yang nyaman, produktif dan berkelanjutan. Wilayah pesisir merupakan wilayah yang penting tetapi rentan (vulnerable) terhadap gangguan. Karena rentan terhadap gangguan, wilayah ini mudah berubah baik dalam skala temporal maupun spasial. Salah satu bencana yang terjadi adalah perubahan iklim, sebuah fenomena global karena penyebabnya bersifat global, disebabkan oleh aktivitas manusia di seluruh dunia. Selain itu, dampaknya juga bersifat global, dirasakan oleh seluruh mahluk hidup di berbagai belahan dunia. Keberadaan Ruang Terbuka Hijau di wilayah pesisir sangat diperlukan. Jika dilihat berdasarkan fungsi dan manfaatnya. Namun pada wilayah studi Kelurahan Bandarharjo memiliki ketersediaan RTH yang sangat minim. Padahal RTH memiliki tiga fungsi, yaitu: bioekologi, sosial-ekonomi dan estetika dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan, kepentingan dan keberlanjutan kota.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:64180
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:31 Aug 2018 16:02
Last Modified:31 Aug 2018 16:02

Repository Staff Only: item control page