HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDAN ARANG BOYOLALI

Meiana Shearly Eka, SEM and Siswati, S (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDAN ARANG BOYOLALI. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
317Kb

Abstract

Kepuasan pernikahan adalah evaluasi atas pemenuhan harapan dalam pernikahan dan merupakan salah satu hal yang diterima sebagai kriteria untuk sukses dalam pernikahan. Kecerdasan sosial adalah kemampuan individu untuk memahami orang lain dan reaksi individu atas pemahaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan sosial dengan kepuasan pernikahan pada perawat wanita di RSUD Pandan Arang Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat wanita di RSUD Pandan Arang Boyolali yang telah menikah. Sampel penelitian sebanyak 85 perawat dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala kepuasan pernikahan (27 aitem dengan α = 0, 893) dan skala kecerdasan sosial (30 aitem dengan α = 918). Berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh hasil bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan sosial dengan kepuasan pernikahan (rxy = 0,673 dengan p = 0,000). Semakin tinggi kecerdasan sosial maka akan semakin tinggi kepuasan pernikahan. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan sosial maka semakin rendah pula kepuasan pernikahan. Kecerdasan sosial memberikan sumbangan efektif terhadap kepuasan pernikahan sebesar 45,3%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:64168
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2019 13:57
Last Modified:18 Feb 2019 13:57

Repository Staff Only: item control page