HUBUNGAN PAPARAN INHALASI KARBON MONOKSIDA DENGAN FUNGSI PENGHIDU(Studi Analitik Observasional pada Pekerja Tukang Sate di Kota Semarang)

M Nabil TNS, M Nabil TNS and Belladonna, Maria and Muyassaroh, Muyassaroh (2018) HUBUNGAN PAPARAN INHALASI KARBON MONOKSIDA DENGAN FUNGSI PENGHIDU(Studi Analitik Observasional pada Pekerja Tukang Sate di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
454Kb
[img]
Preview
PDF
272Kb
[img]
Preview
PDF
374Kb
[img]
Preview
PDF
409Kb

Abstract

Latar belakang: Fungsi penghidu atau indra penciuman merupakan salah satu indra yang dimiliki oleh manusia yang berfungsi sebagai penciuman suatu bau. Gangguan pada fungsi penghidu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab gangguan fungsi penghidu yaitu paparan polusi udara gas karbon monoksida. Salah satu sumber karbon monoksida adalah dari arang. Tujuan: Menganalisis hubungan lama paparan dengan gangguan fungsi penghidu pada pedagang sate. Metode: Penelitian observasional analitik yang dilakukan pada 30 pedagang sate di kota Semarang dengan metode penelitian cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan UPSIT (University of Pennsylvania Smell Identification Test). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil: Dari 30 responden didapatkan tiga responden yang terpapar ≤ 5 tahun mengalami anosmia dan satu responden mengalami mikrosmia. Responden yang terpapar > 5 tahun didapatkan sebanyak 26 responden, sebelas diantaranya mengalami anosmia dan lima belas responden mengalami mikrosmia. Dari analisis chi square, tidak ada hubungan yang bermakna antara lama paparan dengan fungsi penghidu (p = 0,222). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara lama paparan dengan fungsi penghidu. Kata kunci: Lama paparan, fungsi penghidu, UPSIT

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Lama paparan, fungsi penghidu, UPSIT
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:64166
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Aug 2018 14:21
Last Modified:31 Aug 2018 14:21

Repository Staff Only: item control page