EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBERDAYAAN USAHA GARAM RAKYAT (PUGAR) TAHUN 2014 TERHADAP TINGKAT KEBERDAYAAN PETANI GARAM RAKYAT DI KECAMATAN KALIORI

AMANDA, Rizki Putri and BUCHORI, Imam (2015) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBERDAYAAN USAHA GARAM RAKYAT (PUGAR) TAHUN 2014 TERHADAP TINGKAT KEBERDAYAAN PETANI GARAM RAKYAT DI KECAMATAN KALIORI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
85Kb

Abstract

Upaya peningkatan kapasitas pelaku usaha garam rakyat yang ada di Kabupaten Rembang didukung dengan adanya program pemberdayaan masyarakat yaitu Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR). Pelaksanaan PUGAR salah satunya berada di Kecamatan Kaliori yang merupakan sentra garam terbesar di Kabupaten Rembang. Adanya program PUGAR bertujuan untuk peningkatan produksi garam guna mendukung program swasembada garam nasional dan peningkatan kesejahteraan petani garam. Prinsip dari program ini adalah masyarakat yang merencanakan kegiatan untuk mengoptimalkan hasil dengan menggunakan sumberdaya yang dimiliki wilayah tersebut. Program PUGAR dilakukan melalui beberapa tahap proses pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan keberdayaan dari masyarakat khususnya kelompok sasaran dari program. Pelaksanaan PUGAR tahun 2014 ditetapkan untuk dilanjutkan kembali pada tahun 2015, namun dengan menggunakan sistem yang berbeda yaitu sistem korporatisasi. Pelaksanaan program tersebut juga telah dievaluasi. Hasil dari evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang lebih menekankan pada hasil produksi, dan kurang memperhatikan hasil dari proses pemberdayaan itu sendiri terhadap petani garam rakyat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:64068
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:30 Aug 2018 09:08
Last Modified:30 Aug 2018 09:08

Repository Staff Only: item control page