Bachtiar, Arfan and Indirawati, Diana (2007) Analisis Hasil Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard(Studi kasus di Departemen Spinning 4 PT Polysindo Eka Perkasa). Diponegoro Univercity. (Unpublished)
Microsoft Word 22Kb |
Abstract
Manajemen kinerja adalah proses komunikasi yang berlangsung terus-menerus yang dilaksanakan berdasarkan kemitraan antara seorang karyawan dengan penyelia langsungnya. Salah satu metode pengukuran kinerja yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan instrument yang dibutuhkan untuk mengemudikan perusahaan menuju kepada keberhasilan persaingan masa depan, dengan menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi pengukuran dan sistem manajemen strategis. Balanced Scorecard merupakan sistem manajemen bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam jangka panjang untuk pelanggan (customer), pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, termasuk manajemen (learning and growth), proses bisnis internal (sistem) demi memperoleh hasil-hasil finansial yang memungkinkan perkembangan organisasi bisnis daripada sekedar mengelola bottom line untuk memacu hasil-hasil jangka pendek. Balanced Scorecard (BSC) perlu terus dipantau karena akan mengarahkan karyawan terhadap faktor-faktor sukses kunci untuk membangun kesuksesan masa kini dan masa yang akan datang. Evaluasi terhadap sistem pengukuran kinerja perusahaan sangat penting untuk dilakukan. Evaluasi dilakukan melalui survei mencakup berbagai tolok ukur dan sistem pengukuran yang digunakan organisasi atau perusahaan saat ini. Dengan melengkapi berbagai instrument yang didasarkan pada the Baldrige Criteria, terlihat karakteristik suatu sistem pengukuran yang efektif dan seberapa jauh organisasi atau perusahaan terlibat dalam standart dan praktik BSC yang ada. Selanjutnya alat ukur yang baik akan memberikan informasi yang tepat mengenai perkembangan perusahaan dan indikator-indikator apa saja yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan secara menyeluruh. Informasi ini digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan di masa sekarang untuk selanjutnya digunakan sebagai acuan untuk menentukan posisi perusahaan dimasa depan. Pengukuran kinerja perusahaan bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan perusahaan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem pengukuran kinerja yang tepat dan memadai. Perbaikan tidak dapat dilakukan tanpa pengetahuan mengenai kondisi yang ada sekarang. Kata kunci : pengukuran kinerja, BSC, The Baldrige Criteria
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
ID Code: | 6393 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 03 Feb 2010 10:15 |
Last Modified: | 03 Feb 2010 10:15 |
Repository Staff Only: item control page