PENGARUH KEBERADAAN KAWASAN KOTA BARU LIPPO KARAWACI TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK, EKONOMI, DAN SOSIAL PADA KAWASAN DI SEKITARNYA

OKTAVIANI, Resti and SOETOMO, Sugiono (2015) PENGARUH KEBERADAAN KAWASAN KOTA BARU LIPPO KARAWACI TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK, EKONOMI, DAN SOSIAL PADA KAWASAN DI SEKITARNYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
87Kb

Abstract

Perkembangan aktivitas perkotaan jakarta yang terus meningkat, dan penyediaan lahan yang terbatas menyebabkan pertumbuhan Kota Jakarta semakin tidak terkendali. Sehingga diarahkan pembangunan ke daerah-daerah pinggiran, dengan konsep pengembangan Kota Baru salah satunya berada di Kabupaten Tangerang. Menurut Golany:1976 dalam Diningrat 2014, mendefinisikan bahwa kota baru sebagai suatu area bermukim baru yang direncanakan untuk menciptakan kehidupan kota yang relative mandiri (self-contained) melalui penyediaan ekonomi basis (economic base) bagi para penduduknya. Kabupaten Tangerang telah dikembangkan Kota Baru Mandiri Lippo Karawaci pada tahun 1993, berjarak sekitar 30 km di sebelah barat Jakarta. Lippo karawaci merupakan pengembangan kota baru mandiri berkelanjutan, yang di kembangkan dengan berbagai fasilitas sarana dan prasarana perkotaan yang lengkap seperti halnya dengan kota utamanya yaitu Jakarta. Dalam perkembangannya selama 22 tahun berada Kawasan Kota Baru Lippo Karawaci terus berkembang pesat dan memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan Kabupaten Tangerang. Hingga membentuk suatu kawasan perkotaan yang berada di daerah kabupaten. Kawasan Kota Baru Lippo Karawaci telah memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan kabupaten, terutama pada wilayah-wilayah yang berada di sekitar kawasan pengembangan kota baru.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:63830
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:27 Aug 2018 09:40
Last Modified:27 Aug 2018 09:40

Repository Staff Only: item control page