HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KB OLEH BIDAN DESA DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB MANDIRI DI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2001

PURWOIRAWAN, ANT. TOTOK (2001) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KB OLEH BIDAN DESA DENGAN TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR KB MANDIRI DI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2001. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian adalah kecilnya jumlah masyarakat di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman DIY yang menggunakan bidan desa dalam mendapatkan pelayanan KB (6% dari jumlah akseptor KB mandiri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kuaitas pelayanan KB oleh bidan desa dengan tingkat kepuasan akseptor KB mandiri di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman DIY. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah akseptor KB mandiri yang pada saat penelitian sudah dan masih menggunakan bidan desa di Kecamatan Cangkringan untuk mendapatkan pelayanan KB mandiri dan bertempat tingagl tetap di daerah penelitian . sampel dengan teknik simple random sampling berjumlah 45 orang. Analisa dengan menggunakan SPSS 6.0 uji yang dipakai adalah koefisien korelsi rangking spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden menyatakan metode kontrasepsi sudah memadai, sikap bidan desa sudah baik, informasi kepada akseptor memadai, kondisi tempat pelayanan sudah memadai, waktu palayanan dan mekanisme palayanan lanjutan sudah baik dan sebagian besar kualitas pelayanan KB termsuk kelompok kualitas pelayanan tinggi. Sedangkan prosedur pelayanan KB sebagian besr responden menyatakantidak baik. Hasil epn dengan uji koefisien korelasi ranking spearman didapatkan hasil ada hubungan pilihan metode kontrasepsi (p=0,0001), sikap bidan desa (p=0,0001), informasi kepada akseptor (p=0,0001), kondisi pelayanan tempat (p=0,0001), kuailitas pelayanan KB oleh bidan desa (p=0,0001), mekanisme pelayanan (p=0,0001), waktu pelayanan (p=0,0001) dengan tingkat kepuasan akseptor KB mandiri. Hasil yang lain adalah tidak ada hubungan prosedur pelayanan KB oleh bidan desa dengan tingkat kepuasan akseptor KB mandiri (p=0,500). Disarankan salah satu kepada instansi terkait untuk bisa mengadakan pelatihan bidan desa dan membantu bidan desa menyiapkan alat kontrasepsi sehingga bidan desa mampu memberikan pelayanan KB sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Kata Kunci: KUALIAS PELAYANAN, BIDAN DESA, TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR, KB MANDIRI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6382
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Feb 2010 09:42
Last Modified:03 Feb 2010 09:42

Repository Staff Only: item control page