PENYEDIAAN HUTAN KOTA DAN TAMAN KOTA SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) PUBLIK MENURUT PREFERENSI MASYARAKAT DI KAWASAN PUSAT KOTA TANGERANG

IMANSARI, Nadia and KHADIYANTA, Parfi (2015) PENYEDIAAN HUTAN KOTA DAN TAMAN KOTA SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) PUBLIK MENURUT PREFERENSI MASYARAKAT DI KAWASAN PUSAT KOTA TANGERANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
161Kb

Abstract

Gejala pembangunan kota mempunyai kecenderungan untuk meminimalkan ruang terbuka khususnya ruang terbuka hijau. Sebagai salah satu unsur penting dari struktur pembentuk kota, pentingnya keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) menyebabkan perlu adanya upaya perlindungan terhadap RTH tersebut. Adanya ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan diharapkan dapat menjadi salah satu penyelesaian dalam meningkatkan kualitas lingkungan kota. Ruang terbuka hijau (RTH) khususnya di wilayah perkotaan memiliki fungsi yang penting diantaranya terkait aspek ekologi, sosial budaya, dan estetika. Agar suatu RTH publik dapat berfungsi secara optimal, tentunya perlu diperhatikan pula apakah sudah memenuhi kriteria penyediaan sebagai ruang publik yang ideal seperti lokasi yang mudah dijangkau, nyaman, dan memberikan rasa aman bagi penggunanya. Masih kurangnya ketersediaan jumlah RTH publik khususnya hutan kota dan taman kota pada kawasan pusat kota Tangerang sedikit banyak mempengaruhi fungsi hutan kota dan taman kota tersebut sebagai ruang terbuka hijau (RTH) publik. Di samping itu, kondisi hutan kota dan taman kota eksisting pun dapat dikatakan sepi dari pengunjung. Dengan demikian, perlu adanya identifikasi lebih lanjut mengenai hutan kota dan taman kota mana saja yang sudah ataupun belum memenuhi fungsi dan kriteria RTH publik ideal serta identifikasi terkait upaya peningkatan kualitas hutan kota dan taman kota sebagai RTH publik berdasarkan preferensi masyarakat. Adapun dengan mempertimbangkan pilihan masyarakat adalah semata-mata dilakukan sebagai upaya agar hutan kota dan taman kota yang ada akan termanfaatkan terus oleh masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:63813
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:24 Aug 2018 15:34
Last Modified:24 Aug 2018 15:34

Repository Staff Only: item control page