PERENCANAAN FASILITAS REKREASI PADA KOLAM RETENSI DI KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL, KOTA SEMARANG (DALAM ASPEK PERANCANGAN FISIK)

IQBAL, Muhammad and SUWANDONO, Djoko (2015) PERENCANAAN FASILITAS REKREASI PADA KOLAM RETENSI DI KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL, KOTA SEMARANG (DALAM ASPEK PERANCANGAN FISIK). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
125Kb

Abstract

Kelurahan Muktiharjo Kidul merupakan salah satu wilayah permukiman padat penduduk di Kota Semarang yang sering mengalami bencana banjir tiap tahunnya. Pembangunan kolam retensu di Kelurahan Muktiharjo Kidul merupakan salah satu upaya untuk mengurangi permasalahan banjir yang melanda wilayah tersebut. Kolam retensi tersebu t berada pada bagian utara Kelurahan Muktiharjo Kidul yang menggunakan aliran dari Sungai Tenggang yang merupakan salah satu aliran drainase bagian Semarang Timur. Pembangunan kolam retensi tersebut sudah selesai dan sudah beroperasi sebagai pengendali banjir namun pengoperasiannya tersebut masih berdifat fungional. Selain itu, ruang publik atau fasilitas rekreasi bagi masyarakat merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam menunjang kehidupan masyarakat. Fungsinya yang digunakan sebagai sebuah penataan lingkungan, ruang publik atau fasilitas rekreasi bagi masyarakat juga dapat meningkatkan atau mengembangkan fungsi dari sebuah kawasan. Kebutuhan masyarakat akan adanya ruang publik atau fasilitas rekreasi perlu dipenuhi karena dengan adanya fasilitas rekreasi tersebut dapat menunjang kehidupan masyarakat tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:63808
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:24 Aug 2018 14:22
Last Modified:24 Aug 2018 14:22

Repository Staff Only: item control page