HUBUNGAN ANTARA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE DAN KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Firhanida, Sulton and Hadiyati, Frieda Nuzulia Ratna (2018) HUBUNGAN ANTARA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE DAN KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
140Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Self-esteem adalah keseluruhan penilaian diri mahasiswa mengenai perasaan keberhargaan dan kesejahteraan dirinya yang berdasarkan pada tingginya membership esteem, private collective self-esteem, public collective self-esteem, dan identity. Keputusan pembelian produk e-commerce adalah keputusan pembeli mengenai produk yang akan dibeli secara elektronik berdasarkan pada merek, penjual, jumlah produk, waktu pembelian, dan cara pembayaran. Kohesivitas kelompok adalah perasaan mahasiswa untuk bersatu dalam kelompok yang terlihat berdasarkan pada komponen sosial, tugas, kesadaran, dan emosional. Subjek penelitian sebanyak 144 mahasiswa angkatan 2017 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala self-esteem (16 item, koefisien reliabilitas sebesar .843), Skala keputusan pembelian produk e-commerce (16 item, koefisien reliabilitas sebesar .872), Skala kohesivitas kelompok (16 item, koefisien reliabilitas sebesar .889). Hasil penelitian menunjukan bahwa self-esteem, keputusan pembelian produk e-commerce, dan kohesivitas kelompok subjek berada pada kategori yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan koefisien korelasi untuk keputusan pembelian produk e-commerce dengan self-esteem sebesar .773 dengan p=.000 (p<.001). Sedangkan untuk kohesivitas kelompok dengan self-esteem sebesar .291 dengan p=.000 (p<.001). Lalu untuk keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem sebesar .780, dengan tingkat signifikansi sebesar p=.000 (p<0,001). Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan, antara keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok dengan self-esteem. Nilai koefisien determinasi sebesar .602, artinya keputusan pembelian produk e-commerce dan kohesivitas kelompok bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 60,2% pada self-esteem.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:63807
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2019 14:19
Last Modified:18 Feb 2019 14:19

Repository Staff Only: item control page