ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AT ADMINISTRATION AFFAIRS IN ECONOMIC FACULTY DIPONEGORO UNIVERSITY

FATMAWATI, Endang (2004) ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AT ADMINISTRATION AFFAIRS IN ECONOMIC FACULTY DIPONEGORO UNIVERSITY. DIALOGUE : Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik, 1 (2). pp. 312-334. ISSN 1693-8399

[img]
Preview
PDF
23Mb

Abstract

Pelayanan administrasi kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi UNDIP mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Semakin besarnya tuntutan mahasiswa akan pelayanan yang baik merupakan konsekuensi yang harus ditanggapi oleh pihak manajemen fakultas yang selaras dengan fungsinya sebagai lembaga publik di bidang jasa pendidikan. Fenomena ini menurut penulis perlu untuk dikaji sejauh mana pelayanan yang telah dilaksanakan di bagian administrasi Fakultas Ekonomi UNDIP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis antara variabel total quality education (TQE) dengan variabel kualitas pelayanan, variabel kualitas pelayanan dengan variabel kepuasan mahasiswa dan variabel total quality education (TQE) dengan kepuasan mahasiswa melalui variabel kualitas pelayanan yang diberikan di bagian administrasi Fakultas Ekonomi UNDIP. Populasi diambil dari seluruh mahasiswa program Diploma Tiga, S1 Reguler dan S1 Ekstensi angkatan 2000/2001 dengan jumlah sampel 90 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, selanjutnya diolah dengan bantuan program SPSS. Teknik analisis menggunakan analisis regresi dengan uji T maupun uji F dan untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan analisis crosstab. Hasil analisis regresi dan crosstab menunjukkan ada hubungan antara variabel total quality education (TQE) dengan kualitas pelayanan, variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa, dan variabel total quality education (TQE) dengan kepuasan mahasiswa melalui kualitas pelayanan yang diberikan. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi di Fakultas Ekonomi UNDIP yang diberikan kepada mahasiswa masih dinilai tidak baik (57,8 % responden). Untuk mendukung terciptanya kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi yang diberikan oleh karyawan, maka perlu lebih ditingkatkannya penerapan total quality education (TQE) secara optimal dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Kualitas Pelayanan Administrasi, Total Quality Education (TQE), Kepuasan Mahasiswa
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
ID Code:63753
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Aug 2018 21:38
Last Modified:22 Aug 2018 21:41

Repository Staff Only: item control page