LAMA SAKIT, LETAK PERFORASI DAN BAKTERI PENYEBAB OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK SEBAGAI FAKTOR RISIKO TERJADINYA JENIS DAN DERAJAT KURANG PENDENGARAN PADA PENDERITA OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK (OMSK)

Toari, Mita Aninditia and Suprihati , Suprihati and Naftali, Zulfikar (2018) LAMA SAKIT, LETAK PERFORASI DAN BAKTERI PENYEBAB OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK SEBAGAI FAKTOR RISIKO TERJADINYA JENIS DAN DERAJAT KURANG PENDENGARAN PADA PENDERITA OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK (OMSK). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
651Kb
[img]
Preview
PDF
275Kb
[img]
Preview
PDF
496Kb
[img]
Preview
PDF
417Kb

Abstract

Latar Belakang Otitis media supuratif kronik merupakan masalah kesehatan utama yang terjadi di negara berkembang sehingga penderitanya mengalami kurang pendengaran. Kurang pendengaran yang umum terjadi pada penderita OMSK adalah tipe konduktif karena terjadi perforasi pada membran timpani telinga sedangkan mikroba yang sering ditemukan pada sekret telinga penderita adalah P.aeruginosa dan S.aureus. Tujuan Mengetahui lama sakit, letak perforasi dan bakteri penyebab OMSK sebagai faktor risiko terjadinya jenis dan derajat kurang pendengaran pada penderita OMSK Metode Observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien OMSK yang dirawat inap di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Hasil Lama sakit memiliki nilai PR = 2,207 untuk jenis kurang pendengaran dan PR=2,356 untuk derajat kurang pendengaran sedangkan letak perforasi memiliki nilai PR=2,195 untuk derajat kurang pendengaran. Kesimpulan Lama sakit merupakan faktor risiko terjadinya jenis dan derajat kurang pendengaran sedangkan letak perforasi merupakan faktor risiko dari derajat kurang pendengaran. Kata Kunci : OMSK, kurang pendengaran, P. aeruginosa, letak perforasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:OMSK, kurang pendengaran, P. aeruginosa, letak perforasi.
Subjects:R Medicine > RF Otorhinolaryngology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:63553
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:14 Aug 2018 12:34
Last Modified:14 Aug 2018 12:34

Repository Staff Only: item control page