HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU SUAMI TERHADAP DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI DI KELURAHAN BANDARHARJO, SEMARANG UTARA 2017

Sofiyana, Ana and Himawan, Ari Budi and Soeharto, Budi palarto (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU SUAMI TERHADAP DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI DI KELURAHAN BANDARHARJO, SEMARANG UTARA 2017. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
141Kb
[img]
Preview
PDF
302Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
377Kb

Abstract

Latar Belakang Angka Kematian Ibu yang tinggi di Indonesia adalah salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan. Penyebab tingginya angka kematian ibu berkaitan dengan kurangnya pengetahuan dan dukungan suami mengenai kehamilan risiko tinggi. Tujuan Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku suami terhadap deteksi dini kehamilan risiko tinggi sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel merupakan suami yang mempunyai istri yang sedang hamil serta bertempat tinggal di lokasi penelitian. Penentuan lokasi penelitian berdasarkan data profil kesehatan Kota Semarang tahun 2015. Lokasi yang dipilih adalah lokasi dengan kasus kematian ibu tertinggi. Berdasarkan data tersebut didapatkan Kelurahan Bandarharjo sebagai lokasi penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive sampling. Besar sampel minimal adalah 68 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitasnya. Pengambilan data dilakukan dengan cara responden mengisi kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat (uji Chi Square dan uji pearson). Hasil Berdasarkan analisa bivariat, secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan (p=0,002) dan sikap (p=0,024) suami dengan perilaku deteksi dini. Hubungan antara pengetahuan dengan sikap suami didapatkan p=0,05 (bermakna). Kesimpulan Tingkat pengetahuan dan sikap mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku deteksi dini kehamilan risiko tinggi, pengetahuan dengan sikap juga mempunyai hubungan yang signifikan. Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku Suami, Deteksi Dini Kehamilan Risiko Tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan, Sikap, Perilaku Suami, Deteksi Dini Kehamilan Risiko Tinggi.
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:63547
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2018 10:48
Last Modified:14 Aug 2018 10:48

Repository Staff Only: item control page