PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI EKSTRAK UMBI PORANG (Amorphophallus onc PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI EKSTRAK UMBI PORANG hallus oncophyllus) TERHADAP PEMANFAATAN PROTEIN PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI EKSTRAK UMBI PORANG PEMANFAATAN PROTEIN RANSUM PADA AYAM BROILER

Khanifah, Khanifah and Suthama, Nyoman and Wahyuni, Hanny Indrat (2018) PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI EKSTRAK UMBI PORANG (Amorphophallus onc PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI EKSTRAK UMBI PORANG hallus oncophyllus) TERHADAP PEMANFAATAN PROTEIN PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI EKSTRAK UMBI PORANG PEMANFAATAN PROTEIN RANSUM PADA AYAM BROILER. Undergraduate thesis, Faculty on Animal Agricultural Sciences.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

814Kb
[img]
Preview
PDF
613Kb
[img]
Preview
PDF
113Kb
[img]
Preview
PDF
141Kb
[img]
Preview
PDF
140Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

138Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

215Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan glukomanan dari ekstrak umbi porang (GEUP) terhadap kemampuan produktivitas ayam broiler ditinjau dari kecernaan protein, massa kalsium dan protein daging serta pertambahan bobot badan harian ayam broiler. Penelitian dilaksanakan pada Februari sampai Maret 2017 di Kandang Produksi Ternak Unggas. Analisis protein ekskreta dan protein daging dilakukan di Laboratorium Ekologi dan Produksi Tanaman, analisis proksimat ransum dan kalsium daging di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan, masing-masing ulangan dengan 8 ekor ayam. Ayam yang digunakan adalah ayam broiler strain New Lohman umur 1 hari sebanyak 160 ekor dengan bobot badan rata-rata 42,08 ± 0,86 g. Perlakuan yang diberikan yaitu T 0 = ransum basal, T 1 = T 0 + 0,05% GEUP,T 2 = T 0 + 0,10% GEUP, T + 0,15% GEUP dan T 4 = T + 0,20% GEUP. Parameter yang diamati meliputi kecernaan protein, massa kalsium daging, massa protein daging, dan pertambahan bobot badan harian (PBBH). Jika terdapat pengaruh nyata dari perlakuan, dilanjutkan dengan uji wilayah ganda (Duncan). 0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan GEUP berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan protein, massa kalsium daging, massa protein daging dan PBBH. Kecernaan protein tertinggi dicapai dengan penambahan GUEP 0,2% (T 4 ) tetapi tidak berbeda pada T 2 dan T , sedangkan nilai tertinggi massa kalsium daging pada T 4 3 tetapi tidak berbeda dengan T . Berbeda halnya dengan massa protein daging tertinggi dicapai pada T 2 3 tetapi tidak berbeda dengan T , demikian pula PBBH tertinggi pada T 2 dan tidak berbeda dengan T 1 Simpulan penelitian yaitu penambahan glukomanan dari ekstrak umbi porang (GUEP) pada ransum ayam broiler dengan level 0,15% (T3) menghasilkan peningkatan kecernaan protein, massa kalsium dan massa protein daging, dan pertambahan bobot badan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:63504
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Aug 2018 11:32
Last Modified:13 Aug 2018 11:32

Repository Staff Only: item control page