Pengembangan Educational Computer Game Pengenalan Angka

Saptadi, Singgih and Nurkertamanda, Denny and Dharma, Budi (2009) Pengembangan Educational Computer Game Pengenalan Angka. Diponegoro University. (Unpublished)

[img]Microsoft Word
28Kb

Abstract

Educational computer game merupakan salah satu alat permainan yang dapat digunakan anak – anak untuk bermain dan belajar. Pengembangan educational game didasarkan sebagai alat bantu dalam belajar bagi anak, dalam hal ini kebutuhan kognitif berupa kebutuhan anak akan ilmu pengetahuan (logika berpikir). Metodologi Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) digunakan sebagai pendekatan dalam menemukan pemecahan masalah kontradiksi secara inovatif. Kontradiksi teknis yang terjadi adalah kontradiksi mengenai besaran waktu yang digunakan oleh anak untuk bermain dengan belajar. Penyelesaian kontradiksi adalah menggunakan prinsip 35 (parameter change, changing properties), yaitu dengan merancang sebuah prosedur pembelajaran mengenai pengenalan angka dengan jumlah stage 5. Jumlah stage didasarkan kebutuhan atas pemberian data pengajaran bagi anak yaitu dari dasar pengenalan hingga aplikasi angka dalam operasi matematika. Game yang dihasilkan dari sisi fitur memenuhi keseluruhan kebutuhan belajar anak berupa sistem komunikasi visual yang baik, multi platform sehingga dapat digunakan pada sistem operasional komputer apapun. Berdasarkan sisi content, game memiliki kekurangan yaitu dalam hal content pengenalan kehidupan sosial pada anak – anak. Kata Kunci : Educational computer game, Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ), perancangan, psikologi perkembangan anak. Educational computer game is one of toys that use to play and learn by children. Educational game development based on tools to help children to study, in this case is cognitive needs (logic thinking). Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) used as tools to solve contradiction problem inovatively. Technical contradiction is about time unit that used by childer in play and study. Solution to contradiction is using principle 35 (parameter change, changing properties, that about make a procedure about number introduction in study with 5 stages. Stages quantity based on need of study for children from introduction about symbol a number until math operation. In the fitur side, game meet a demand about need of study with a good visual comunication, multi platform so can be used in every computer operational system. In the content side, game does not have content about children social activity. Kata Kunci : Educational computer game, Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ), Design, children development psychology.

Item Type:Other
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:6340
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Feb 2010 14:55
Last Modified:02 Feb 2010 14:55

Repository Staff Only: item control page