Peerreview C.2 (Potensi Kombinasi Teknologi Mutan Padi Toleran Kekeringan dan Polimer Superabsorben: Peran IPTEK Nuklir dalam Peningkatan Produksi Padi Lahan Kering)

HERWIBAWA, Bagus and KUSMIYATI, Florentina (2018) Peerreview C.2 (Potensi Kombinasi Teknologi Mutan Padi Toleran Kekeringan dan Polimer Superabsorben: Peran IPTEK Nuklir dalam Peningkatan Produksi Padi Lahan Kering). FPP UNDIP.

[img]
Preview
PDF
351Kb

Abstract

Padi merupakan sumber bahan pangan pokok, yang dikonsumsi lebih dari 95% penduduk Indonesia. Kebutuhannya terus meningkat tiap tahun, namun belum berhasil dicukupi dari produksi sendiri, sehingga masih bergantung impor hingga 1.347.856 ton per tahun. Upaya yang dapat dilakukan selain impor, adalah peningkatan produksi padi melalui ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian. Namun 72,98% daratan Indonesia yang sesuai untuk pertanian merupakan lahan kering, tentu akan menghambat peningkatan produksi padi. IPTEK Nuklir dapat berperan dalam optimalisasi pemanfaatan lahan kering, dimana keterbatasan keragaman alami dalam pemuliaan tanaman padi toleran kekeringan, dan polimerasi serta grafting polimer superabsorben, keduanya dapat diperbaiki melalui radiasi pengion. Kombinasi teknologi mutan padi toleran kekeringan dan polimer superabsorben sangat potensial sebagai satu diantara upaya-upaya untuk meningkatkan produksi padi. Namun, upaya penerapan teknologi tersebut tentu akan menimbukan masalah karena lemahnya diseminasi teknologi inovatif, dan lambatnya adopsi teknologi. Diperlukan perhatian yang lebih besar dari peneliti, pengambil kebijakan, dan masyarakat pengguna. Kata kunci : iradiasi, kekeringan, mutasi, padi, superabsorben

Item Type:Other
Subjects:A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:63352
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Aug 2018 07:59
Last Modified:03 Aug 2018 07:59

Repository Staff Only: item control page