ANALISIS PENGUASAAN, PEMILIKAN, PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN TANAH (P4T) BERDASARKAN SEBARAN BIDANG TANAH UNTUK KEGIATAN NORMALISASI SUNGAI MENGGUNAKAN SIG TAHUN 2016 (STUDI KASUS : KALI BERINGIN KELURAHAN MANGKANG WETAN)

Subiyanto, Sawitri and Amarrahman, Fauzi Janu and Putra Wijaya, Arwan and 21110112130067, MUHAMMAD NIDA HAKIM EL WAFA (2018) ANALISIS PENGUASAAN, PEMILIKAN, PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN TANAH (P4T) BERDASARKAN SEBARAN BIDANG TANAH UNTUK KEGIATAN NORMALISASI SUNGAI MENGGUNAKAN SIG TAHUN 2016 (STUDI KASUS : KALI BERINGIN KELURAHAN MANGKANG WETAN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
470Kb
[img]
Preview
PDF - Draft Version
22Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

907Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1646Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1724Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

11Kb
[img]
Preview
PDF
14Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

10Mb

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka pengadaan tanah untuk pelaksanaan pembangunan kepentingan umum, pemerintah Kota Semarang mengadakan beberapa kebijakan yang salah satunya adalah pelaksanaan normalisasi Kali Beringin. Dari kebijakan normalisasi Kali Beringin ini maka dibutuhkan kegiatan inventarisasi dan pemetaan persebaran data Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T) di daerah bantaran Kali Beringin, sesuai dengan Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2013 Urusan Wajib Pertanahan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan data citra satelit Quickbird tahun 2011, peta administrasi Kelurahan Mangkang Wetan, dan peta pengadaan tanah untuk normalisasi Kali Beringin tahun 2013. Metode yang digunakan adalah dengan menggabungkan ketiga data tersebut kemudian dilakukan digitasi on screen untuk membuat peta bidang tanah dan rencana sungai normalisasi. Selanjutnya dilakukan identifikasi pada bidang tanah berupa data atribut penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan bidang tanah yang terkena kegiatan normalisasi Kali Beringin di Kelurahan Mangkang Wetan. Dalam penelitian tugas akhir ini diperoleh hasil berupa peta sebaran bidang tanah beserta Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T) yang terkena rencana kegiatan normalisasi Kali Beringin. Total luas bidang tanah yang terkena kegiatan normalisasi sungai adalah sebesar 79.428 m2 dari total 143 bidang tanah dengan 19 pola hubungan. Dimana dihasilkan luasan terbesar penguasaan tanah dikuasai langsung oleh pemiliknya seluas 62.875 m2, pemilikan tanah dengan Hak Milik sebesar 62.576 m², penggunaan tanah dengan perairan darat sebesar 33.894 m² dan pemanfaatan tanah yang didominasi oleh produksi pertanian sebesar 69.205 m². Kata Kunci : Normalisasi , Penguasaan, Penggunaan, Pemanfatan, Pemilikan, Tanah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:63344
Deposited By:nur kholis geodesi undip
Deposited On:16 Aug 2018 13:48
Last Modified:16 Aug 2018 13:48

Repository Staff Only: item control page