PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU PENCEGAHAN PREEKLAMSI PADA IBU HAMIL BERESIKO PREEKLAMSI DI PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG

Aisyah, Siti and Sudarmiati, Sari (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU PENCEGAHAN PREEKLAMSI PADA IBU HAMIL BERESIKO PREEKLAMSI DI PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine .

[img]PDF
Restricted to Registered users only

6Mb

Abstract

Angka kematian ibu di Jawa Tengah masih tinggi, Kota Semarang menempati peringkat ketiga setelah Brebes dan Pemalang. Salah satu penyebab kematian ibu adalah preeklamsi. Pencegahan dan penanganan secara dini akan dapat mengurangi angka kejadian preeklamsi dan kematian ibu. Pengetahuan ibu hamil beresiko preeklamsi masih kurang tentang perilaku pencegahan preeklamsi. Pendidikan kesehatan tentang pencegahan preeklamsi dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil beresiko sehingga ibu dapat mengaplikasikannya untuk mencegah preeklamsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan tentang perilaku pencegahan preeklamsi pada ibu hamil beresiko di Puskesmas Rowosari Semarang. Metode penelitian ini adalah quasy eksperimental design one group pretest-posttest without control group. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji paired T-test. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 ibu hamil yang terdeteksi beresiko preeklamsi berat atau ringan di wilayah kerja Puskesmas Rowosari Semarang. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan tentang perilaku pencegahan preeklamsi dengan nilai p value 0,0000 (p<0,05). Disarankan kepada ibu hamil untuk giat mencari informasi sehingga dapat menambah pengetahuannya menjadi lebih baik Kata kunci : Pendidikan kesehatan; Pengetahuan; Perilaku pencegahan preeklamsi Daftar pustaka: 79 (2007-2018)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:63248
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:04 Jan 2019 09:49
Last Modified:04 Jan 2019 09:49

Repository Staff Only: item control page